Ciptakan Pasar dengan Momentum Transformasi Digital

banner 468x60

Bisakah kita menggambarkan transformasi digital semua proyek yang termasuk teknologi digital? Apakah kita melakukan transformasi jika kita tidak mengubah pengalaman konsumen, proses internal, model bisnis?

Grab, GoJek, Traveloka, tidak hanya menggunakan teknologi untuk melakukan peningkatan bertahap, mereka merevolusionerkan model bisnis dari sektor yang digeluti.

Read More
banner 300x250

Bahkan perusahaan yang beroperasi di pasar yang matang harus berusaha untuk melihat lebih jauh model bisnis mereka karena hanya dengan peningkatan bertahap tidak menjamin posisi dominan dari waktu ke waktu.

Mari saya jelaskan dengan sebuah contoh produk inovatif (dan hipotetis) di sektor seperti perbankan.

Di pasar yang hiperkompetitif, keberanian adalah juaranya

Bank takut persaingan dari startup Fintech. Dapat dimengerti, para pemain baru lebih gesit karena mereka tidak memiliki sistem yang diwariskan, mereka tahu bagaimana memanfaatkan digital, produk mereka dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna tanpa kewajiban untuk mengikuti proses stratifikasi internal (jika perusahaan Anda berada di industri yang berbeda Anda mungkin menemukan persamaan).

Fintech, bagaimanapun juga, tidak memiliki soliditas yang sama dengan bank. Mereka tidak pernah menghadapi kesulitan krisis ekonomi global, perang dan ancaman lain yang jauh lebih signifikan daripada kompetisi biasa. Ada sejarah panjang hubungan antara bank dan pelanggannya, ada banyak pasang surut, tetapi ikatannya tidak dapat disangkal.

Tapi hati-hati, jika pelanggan merasakan hubungan sebagai penghalang evolusi, ikatan menjadi lemah.

Pikirkan bisnis profesional atau usaha kecil yang menggunakan produk berbeda dari bank: giro, pinjaman, tagihan uang muka, kartu kredit. Layanan ini menghasilkan sejumlah besar data yang dapat ditingkatkan dan diubah oleh bank menjadi informasi berharga bagi pelanggan.

Mari membuat analogi dengan Google. Sebagian besar komunikasi dihasilkan oleh berbagai layanan yang kami gunakan, pass-through Gmail. Misalnya, setiap kali kami membeli tiket kereta, Google mengekstrapolasikan data untuk menunjukkan kepada kami informasi yang paling relevan: rute, tanggal, waktu, kereta, nomor kursi, kode reservasi.

Data ini ditampilkan secara otomatis di kalender Google. Kartu tampilan aplikasi Google Trip berisi informasi berguna tentang tujuan. Semua ini tanpa interaksi pengguna.

Google Trip mengambil dan mengatur data perjalanan dari Gmail secara otomatis.
Akun bank saat ini bisa dikatakan seperti analogi Gmail, tetapi bank tidak mengeksploitasi data untuk menawarkan solusi bagi kebutuhan pelanggan yang tidak tersentuh atau belum terlayani.

Mari kembali ke profesional dan bisnis kecil. Mari kita berasumsi bahwa sebuah penelitian mengatakan bahwa beberapa pengguna lebih suka menggunakan spreadsheet daripada perangkat lunak akuntansi karena mereka menganggapnya terlalu rumit untuk kebutuhan mereka.

Ini akan menjadi kesempatan untuk memikirkan kembali akun saat ini dan mengubahnya menjadi solusi end-to-end yang menyederhanakan manajemen keuangan dari bisnis kecil.

Membuat dan mengirim faktur, memiliki dasbor untuk memeriksa siapa yang membayar dan siapa yang terlambat, mengetahui kepentingan ekonomi pelanggan dan pemasok. Fungsi-fungsi ini dan lainnya dapat diotomatisasi sementara yang lain akan memerlukan intervensi pengguna, tetapi setiap interaksi akan dilakukan dalam satu lingkungan yang dirancang untuk menyederhanakan pekerjaan yang harus dilakukan.

Akun bank saat ini akan bersaing dengan spreadsheet. Ini adalah teori Ayub yang harus Dikerjakan.

Apa arahnya?

Transformasi Digital membuka peluang dunia. Tanpa kompas, ada bahaya membuang-buang waktu dan sumber daya dalam upaya yang berasal dari asumsi (misalnya, riset pasar) atau kebiasaan (mis., Mengikuti pesaing).

Statistik tentang peluncuran produk baru memberi tahu kita beberapa cerita negatif:

lebih dari 50% produk baru mengecewakan harapan yang direncanakan
hanya satu produk baru di 100 yang mencakup biaya pengembangan
hanya satu produk baru di 300 yang memiliki dampak signifikan pada perilaku pembelian pelanggan, pada kategorinya atau pada pertumbuhan perusahaan.
[Frost & Sullivan, 2013]

Ini karena strategi inovatif terutama dipandu oleh empat prinsip ini:

atribut produk (ini memiliki 25 fungsi lebih dari pesaing)
karakteristik pelanggan (40 tahun profesional, ayah dan penggemar olahraga ekstrim)
tren (augmented reality adalah masa depan)
jawaban kompetitif (yang lain melakukan ini, kita harus melakukannya juga)
Di sisi lain, jika kami mengamati dan menganalisis kebutuhan pengguna yang ditetapkan, kami dapat mengidentifikasi mana yang penting bagi mereka tetapi diabaikan oleh penawaran saat ini, yang membedakan mereka dari yang tidak relevan tetapi dilayani secara berlebihan oleh persaingan tidak jelas.

Apakah inovasi berisiko?
Ya, tetapi jauh lebih berisiko untuk menyerah.

Bisakah kita mengurangi risiko?
Ya, jika pengguna berada di pusat semua fase kehidupan produk:

Strategi
Realisasi (desain, pengembangan, peluncuran)
Pengoptimalan berkelanjutan
Transformasi Digital mencapai potensi penuhnya jika terinspirasi oleh kesadaran tentang bagaimana pelanggan mengukur nilai layanan atau produk. Job-To-Be-Done, Design Thinking, dan Service Design adalah beberapa kerangka kerja yang membantu perusahaan untuk memimpin proses inovasi yang berpusat pada konsumen.

Mari manfaatkan ini.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply