Inovasi Tidak Selalu Tentang Ide

banner 468x60

Setiap perusahaan mesti berinovasi. Tak masalah apakah Anda adalah bisnis mencari keuntungan, organisasi nonprofit, atau entitas pemerintah. Kebenaran yang sederhana adalah bahwa setiap model bisnis akhirnya gagal, karena kondisi berubah seiring waktu. Mengelola bisnis bukan untuk stabilitas, tetapi untuk gangguan – itu, atau menghadapi ketidakrelevanan.

Ribuan saran tentang bagaimana cara melakukannya. Bahkan, terlalu banyak nasehat. Pemikir desain akan memberi tahu Anda untuk fokus pada pengguna akhir, tetapi Clayton Christensen dari Harvard mengatakan bahwa terlalu banyak mendengarkan pelanggan adalah bagaimana bisnis yang baik mengalami kegagalan. Lalu ada inovasi terbuka, lean startup, dan seterusnya dan seterusnya.

Read More
banner 300x250

Yang benar adalah tidak ada satu jalan menuju inovasi. Setiap orang harus menemukan jalannya sendiri. Hanya karena seseorang sukses dengan satu strategi tidak berarti itu tepat untuk  semua masalah yang perlu Anda pecahkan. Jadi saran terbaik adalah mengumpulkan banyak alat untuk kotak peralatan Anda sebanyak yang Anda bisa.

Berikut adalah empat fakta tentang inovasi yang jarang Anda dengar, meskipun itu sangat penting.

1. Your Success Often Works Against You

Untuk sebagian besar, manajer tidak bertanggung jawab atas inovasi. Sesuai judulnya, mereka bertanggung jawab untuk mengelola operasi. Itu melibatkan mempekerjakan dan memberdayakan karyawan yang kuat, mengoptimalkan praktik dan proses, serta mengurangi kesalahan dan kesalahan. Manajer umumnya tidak mencoba membangun perangkap tikus yang lebih baik; mereka mencoba menjalankan segala hal dengan lancar dan efisien.

Sangat mudah bagi seseorang untuk berdiri di atas panggung di sebuah konferensi dan melukis manajer operasional sebagai dimwits dengan kepala mereka di pasir. Tetapi mengelola operasi yang berkualitas adalah pekerjaan yang sulit yang membutuhkan bakat, dedikasi, dan keterampilan. Jadi, kecuali Anda benar-benar melakukan pekerjaan itu, jangan terlalu cepat menilai.

Namun, manajer perlu menyadari bahwa ada trade-off mendasar antara berinovasi dan mengoptimalkan operasi. Menjalankan operasi yang efisien membutuhkan standarisasi dan kontrol untuk menghasilkan hasil yang dapat diprediksi. Inovasi, di sisi lain membutuhkan eksperimen. Itu berarti mencoba banyak hal baru, yang sebagian besar akan gagal.

Itulah sebabnya kesuksesan sering menyebabkan kegagalan. Apa yang membuat Anda sukses dalam satu lingkungan yang kompetitif kemungkinan akan menjadi penghalang ketika segala sesuatunya berubah. Jadi, Anda perlu menemukan keseimbangan yang sehat antara meremas semua yang Anda bisa keluar dari masa kini, sambil tetap menyisakan ruang untuk menciptakan dan membangun untuk masa depan.

2. Look For A Hair-On-Fire Use Case

Manajer operasional yang baik belajar mengidentifikasi pasar yang dapat dialamatkan yang besar. Pasar yang lebih besar membantu Anda meningkatkan skala bisnis Anda, mendorong pendapatan, dan memungkinkan Anda berinvestasi kembali ke dalam operasi untuk menciptakan lebih banyak efisiensi. Efisiensi yang lebih besar menghasilkan margin keuntungan yang lebih rendah, yang memungkinkan Anda berinvestasi lebih banyak dalam peningkatan, menciptakan siklus yang baik.

Namun, ketika Anda mencoba melakukan sesuatu yang benar-benar baru dan berbeda, mencoba menskalakannya terlalu cepat dapat membunuh bisnis Anda bahkan sebelum memulai. Produk yang benar-benar revolusioner tidak dapat diprediksi karena, menurut sifatnya, itu tidak dipahami dengan baik. Pengisian secara berani ke yang tidak dikenal adalah cara yang pasti untuk mengalami masalah yang tak terduga yang mahal untuk diperbaiki dalam skala besar.

Innovation is never a single event. It is a long process of discovery, engineering, and transformation.

Strategi yang lebih baik adalah mengidentifikasi kasus penggunaan hair-on-fire – seseorang yang membutuhkan masalah tetap begitu buruk sehingga mereka bersedia untuk mengabaikan gangguan yang tak terelakkan. Mereka akan membantu Anda mengidentifikasi kekurangan awal dan memperbaikinya. Setelah meluruskan, Anda dapat mulai menskalakan untuk kasus penggunaan yang lebih umum.

Misalnya, mengembangkan mobil self-driving adalah proposisi berisiko dengan jumlah variabel yang memusingkan yang tidak dapat Anda tanggung. Namun, tambang terpencil di Australia Barat, di mana sedikit  pengemudi dan tidak ada lalu lintas, adalah tempat yang ideal untuk menguji dan meningkatkan teknologi. Dalam nada yang sama, Google Glass gagal sama sekali sebagai produk massal, tetapi mendapatkan kehidupan kedua sebagai alat industri. Terkadang lebih baik membangun untuk yang sedikit daripada yang banyak.

3. Mulai Dengan Monyet

Ketika saya bekerja dengan eksekutif, mereka sering memiliki ide terobosan yang menggairahkan mereka. Mereka mulai memberi tahu saya betapa besar peluang itu dan bagaimana posisi mereka secara sempurna untuk memanfaatkannya. Namun, ketika saya menggali lebih dalam, selalu ada penghalang utama untuk mewujudkannya. Ketika saya bertanya tentang itu, mereka menutup.

Jangan salah. Inovasi bukan tentang ide, ini tentang memecahkan masalah. Kebenarannya adalah tidak ada yang peduli dengan ide Anda, mereka peduli tentang masalah yang dapat Anda atasi untuk mereka. Alasan kebanyakan orang tidak dapat berinovasi adalah bukan karena mereka tidak memiliki ide, tetapi karena mereka tidak memiliki ketekunan yang dibutuhkan untuk tetap dengan masalah yang sangat sulit sampai terpecahkan.

Di Google X, “pabrik pelayaran cepat” raksasa teknologi ini, mantranya adalah #MonkeyFirst. Idenya adalah bahwa jika Anda ingin mendapatkan monyet untuk melafalkan Shakespeare di atas tumpuan, Anda mulai dengan melatih monyet, bukan membangun tumpuan. Karena melatih monyet adalah bagian yang sulit. Siapa pun dapat membangun tumpuan.

Masalahnya adalah kebanyakan orang mulai dengan tumpuan, karena itulah yang mereka ketahui. Dan dengan membangunnya, mereka dapat menunjukkan kemajuan awal terhadap waktu. Sayangnya, membangun tumpuan tidak membawa Anda ke mana pun. Kecuali Anda benar-benar dapat melatih monyet, bekerja di tumpuan adalah usaha yang sia-sia.

4. Terkadang Dunia Belum Siap

Ketika Alexander Fleming pertama kali menerbitkan penemuan penicillin, tidak ada yang benar-benar memperhatikan. Ketika eksekutif Xerox pertama kali melihat Alto – mesin yang akan menjadi model untuk Macintosh tujuh tahun kemudian – mereka tidak melihat apa masalahnya. Ketika Jim Allison pertama kali menunjukkan kepada para eksekutif farmasi, idenya untuk imunoterapi kanker, tidak seorang pun akan berinvestasi di dalamnya.

Kami selalu berpikir bahwa hal besar berikutnya akan terlihat jelas, tetapi sebenarnya, sering kali hal itu mulai tampak seperti tidak ada sama sekali. Ketika sesuatu benar-benar memiliki kekuatan untuk mengubah dunia, dunia belum siap untuk itu. Ini perlu membangun advokasi, mendapatkan traksi di antara industri atau bidang tertentu, dan menggabungkan dengan inovasi lain sebelum dapat memberikan dampak.

Tapi tidak ada yang memberitahumu itu. Kami dikondisikan untuk berpikir bahwa seseorang seperti Steve Jobs atau Elon Musk berdiri di atas panggung, mengumumkan bahwa dunia telah berubah, dan semua orang terus berjalan. Itu tidak pernah benar-benar terjadi seperti itu karena inovasi tidak pernah satu peristiwa pun. Ini adalah proses panjang penemuan, rekayasa, dan transformasi yang biasanya memakan waktu sekitar 30 tahun.

“Jangan khawatir tentang orang yang mencuri ide Anda,” kata pionir komputasi Howard Aiken. “Jika ide Anda bagus, Anda harus meremasnya sampai ke tenggorokan orang-orang.” Kata-kata itu tidak pernah diucapkan. Inovator hebat bukan hanya orang dengan ide. Mereka adalah orang-orang yang bersedia untuk bertahan dan mengambil foto dari orang-orang yang mengejek mereka. Akhirnya, jika mereka beruntung, mereka benar-benar mengubah dunia.

Ditulis oleh : Greg Satell
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply