Apa yang Perlu Dipelajari Anak-Anak untuk Sukses di 2050?

banner 468x60

Umat ​​manusia sedang menghadapi revolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Semua kisah lama runtuh, dan tidak ada cerita baru yang muncul untuk menggantikannya. Bagaimana kita dapat mempersiapkan diri kita dan anak-anak kita untuk dunia dengan transformasi dan ketidakpastian radikal yang belum pernah terjadi sebelumnya? Bayi yang lahir hari ini akan berusia tiga puluh tahun pada 2050. Jika semuanya berjalan dengan baik, bayi itu akan tetap ada di sekitar tahun 2100 dan mungkin menjadi warga aktif di abad ke-22. Apa yang mesti kita ajarkan kepada bayi itu yang akan membantu mereka bertahan hidup dan berkembang di dunia tahun 2050 atau abad ke-22? Keterampilan apa yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan, memahami apa yang terjadi di sekitar mereka, dan menavigasi labirin kehidupan?

Sayangnya, karena tidak ada yang tahu seperti apa dunia pada tahun 2050 – belum lagi 2100 – kita tidak tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tentu saja, manusia tidak pernah bisa memprediksi masa depan dengan akurat. Tetapi sekarang ini lebih sulit dari sebelumnya, karena teknologi memungkinkan kita untuk merekayasa tubuh, otak, dan pikiran, kita tidak akan lagi bisa yakin tentang apa pun – termasuk hal-hal yang sebelumnya tampak tetap dan kelihatannya sulit berubah.

Seribu tahun yang lalu, pada 1018, ada banyak hal yang orang tidak tahu tentang masa depan, tetapi mereka tetap yakin bahwa karakteristik dasar manusia tidak akan berubah. Jika Anda tinggal di China pada tahun 1018, Anda tahu bahwa pada tahun 1050 Kerajaan Song mungkin akan runtuh, orang-orang Khitan akan menyerbu dari utara, dan malapetaka mungkin membunuh jutaan orang. Namun, sangat jelas bagi Anda bahwa bahkan pada 1050 sebagian besar orang masih bekerja sebagai petani dan penenun, penguasa masih bergantung pada manusia untuk mengatur pasukan dan birokrasi mereka, pria tetap mendominasi wanita, harapan hidup akan tetap sekitar 40, dan tubuh manusia akan tetap sama persis. Oleh karena itu, pada tahun 1018 orang tua Tionghoa yang miskin mengajar anak-anak mereka cara menanam beras atau menenun sutra; orang tua yang lebih kaya mengajari anak-anak mereka cara membaca buku klasik Konfusius, menulis kaligrafi, atau bertempur di atas kuda, dan mereka mengajarkan gadis-gadis mereka untuk menjadi ibu rumah tangga yang sederhana dan patuh. Jelas bahwa keterampilan ini masih akan dibutuhkan pada 1050.

Untuk mengikuti dunia 2050, Anda perlu melakukan lebih dari sekadar menemukan ide dan produk baru, tetapi di atas segalanya, temukan kembali diri Anda lagi dan lagi.
Sebaliknya, hari ini kita tidak tahu bagaimana Cina atau seluruh dunia akan terlihat pada 2050. Kita tidak tahu apa yang akan dilakukan orang untuk hidup, kita tidak tahu bagaimana tentara atau birokrasi akan berfungsi, dan kita tidak tahu seperti apa hubungan gender. Beberapa orang mungkin akan hidup lebih lama dari hari ini, dan tubuh manusia itu sendiri mungkin mengalami revolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya, berkat antarmuka rekayasa otak. Banyak dari apa yang dipelajari anak-anak hari ini kemungkinan tidak akan relevan pada tahun 2050.

Saat ini, terlalu banyak sekolah yang fokus untuk menjejalkan informasi ke otak anak-anak. Di masa lalu, ini masuk akal, karena informasi yang langka dan bahkan lambatnya menetes informasi yang ada berulang kali diblokir oleh sensor. Jika Anda tinggal, katakanlah, di sebuah kota kecil di provinsi Meksiko pada tahun 1800, sulit bagi Anda untuk mengetahui banyak tentang dunia yang lebih luas. Tidak ada radio, televisi, surat kabar harian, atau perpustakaan umum. Bahkan jika Anda melek huruf dan memiliki akses ke perpustakaan pribadi, tidak banyak yang bisa dibaca selain novel dan traktat keagamaan. Kerajaan Spanyol sangat menyensor semua teks yang dicetak secara lokal dan hanya mengijinkan penggeledahan publikasi yang akan diimpor dari luar. Hal yang sama juga terjadi jika Anda tinggal di kota provinsi di Rusia, India, Turki, atau Cina. Ketika sekolah-sekolah modern datang, mengajar setiap anak untuk membaca dan menulis dan menyampaikan fakta-fakta dasar geografi, sejarah, dan biologi, mereka mewakili peningkatan yang sangat besar.

Sebaliknya, pada abad ke-21, kita dibanjiri informasi yang sangat banyak, dan sensor bahkan tidak mencoba untuk memblokirnya. Malahan mereka sibuk menyebarkan informasi yang salah atau mengganggu kita dengan ketidakrelevanan. Jika Anda tinggal di kota provinsi Meksiko dan memiliki smartphone, Anda dapat menghabiskan banyak waktu hanya membaca Wikipedia, menonton TED Talks, dan mengambil kursus online gratis. Tidak ada pemerintah yang dapat berharap untuk menyembunyikan semua informasi yang tidak disukai. Di sisi lain, sangat mudah untuk membanjiri publik dengan laporan yang saling bertentangan. Orang-orang di seluruh dunia hanyalah satu klik dari akun terbaru dari bombardir Aleppo atau mencairnya es di Arktik, tetapi ada begitu banyak akun yang bertentangan sehingga sulit untuk mengetahui apa yang harus dipercaya. Selain itu, banyak hal lain yang hanya berjarak klik juga, sehingga sulit untuk fokus, dan ketika politik atau sains terlihat terlalu rumit, itu tergoda untuk beralih ke beberapa video kucing lucu, gosip selebriti, atau hal-hal porno.

Di dunia seperti itu, hal terakhir yang perlu diberikan oleh seorang guru adalah lebih banyak informasi. Mereka sudah memiliki terlalu banyak. Sebaliknya, orang membutuhkan kemampuan untuk memahami informasi, untuk membedakan antara apa yang penting dan apa yang tidak penting. Dan, di atas segalanya, untuk menggabungkan banyak informasi menjadi gambaran luas dunia.

Sebenarnya, ini telah menjadi ideal pendidikan liberal Barat selama berabad-abad, tetapi sampai saat ini, bahkan sekarang banyak sekolah Barat agak malas dalam memenuhinya. Guru membiarkan diri mereka fokus untuk menyampaikan data sambil mendorong siswa “untuk berpikir sendiri.” Karena ketakutan mereka terhadap otoritarianisme, sekolah liberal memiliki horor narasi besar. Mereka berasumsi bahwa selama kita memberikan banyak data kepada siswa dan sedikit kebebasan, para siswa akan menciptakan gambaran mereka sendiri tentang dunia, dan bahkan jika generasi ini gagal untuk menyatukan semua data menjadi cerita yang koheren dan bermakna tentang dunia, akan ada banyak waktu untuk membangun sintesis yang lebih baik di masa depan.

Kita sekarang kehabisan waktu. Keputusan yang akan kita buat dalam beberapa dekade mendatang akan membentuk masa depan kehidupan itu sendiri, dan kita dapat membuat keputusan ini hanya berdasarkan pandangan dunia kita saat ini. Jika generasi ini tidak memiliki pandangan komprehensif tentang kosmos, masa depan kehidupan akan diputuskan secara acak.

The Heat Is On

Selain informasi, sebagian besar sekolah juga terlalu fokus untuk menyediakan siswa dengan seperangkat keterampilan yang telah ditentukan, seperti menyelesaikan persamaan diferensial, menulis kode komputer dalam C ++, mengidentifikasi bahan kimia dalam tabung reaksi, atau berbicara dalam bahasa Mandarin. Namun karena kita tidak tahu seperti apa dunia dan pasar kerja pada 2050, kita tidak benar-benar tahu keterampilan khusus apa yang dibutuhkan orang. kita mungkin menginvestasikan banyak usaha untuk mengajari anak-anak cara menulis dalam bahasa C ++ atau berbahasa Mandarin, hanya untuk mengetahui bahwa pada tahun 2050, kecerdasan buatan dapat membuat sandi perangkat lunak jauh lebih baik daripada manusia dan aplikasi Google Terjemahan baru akan memungkinkan Anda melakukan percakapan di hampir sempurna Mandarin, Kanton, atau Hakka, meskipun Anda hanya tahu bagaimana mengatakan “Ni hao.”

Jadi, apa yang harus kita ajarkan? Banyak ahli pedagogis berpendapat bahwa sekolah harus beralih ke pengajaran “empat K” – pemikiran kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Secara lebih luas, mereka percaya, sekolah harus mengecilkan keterampilan teknis dan menekankan keterampilan kehidupan tujuan umum. Yang paling penting dari semuanya adalah kemampuan untuk menghadapi perubahan, belajar hal-hal baru, dan menjaga keseimbangan mental Anda dalam situasi yang tidak biasa. Untuk mengikuti dunia 2050, Anda perlu melakukan lebih dari sekadar menemukan ide dan produk baru, tetapi di atas segalanya, temukan kembali diri Anda lagi dan lagi.

Jika seseorang mendeskripsikan dunia pada pertengahan abad ke-21 kepada Anda dan itu tidak terdengar seperti fiksi ilmiah, itu pasti salah.
Karena laju perubahan meningkat, bukan hanya ekonomi, tetapi makna “menjadi manusia” kemungkinan besar akan bermutasi. Sudah pada tahun 1848, Manifesto Komunis menyatakan bahwa “semua yang mencair padat ke udara.” Marx dan Engels, bagaimanapun, berpikir terutama tentang struktur sosial dan ekonomi. Pada 2048, struktur fisik dan kognitif juga akan meleleh ke udara, atau menjadi awan bit data.

Pada 1848, jutaan orang kehilangan pekerjaan di pertanian desa dan pergi ke kota-kota besar untuk bekerja di pabrik. Tetapi setelah mencapai kota besar, mereka tidak mungkin mengubah jenis kelamin mereka atau menambahkan indra keenam. Dan jika mereka menemukan pekerjaan di beberapa pabrik tekstil, mereka dapat berharap untuk tetap dalam profesi itu selama sisa masa kerja mereka.

Pada 2048, orang mungkin harus mengatasi migrasi ke dunia maya, identitas jender yang cair, dan pengalaman sensorik baru yang dihasilkan oleh implan komputer. Jika mereka menemukan pekerjaan dan makna dalam mendesain mode terkini untuk game realitas virtual 3D, dalam satu dekade, bukan hanya profesi khusus ini, tetapi semua pekerjaan yang menuntut tingkat penciptaan artistik ini mungkin diambil alih oleh A.I. Jadi, pada usia 25, Anda mungkin memperkenalkan diri di situs kencan sebagai “seorang wanita heteroseksual berusia 25 tahun yang tinggal di London dan bekerja di toko fashion.” Pada usia 35, Anda mungkin mengatakan Anda adalah “orang yang tidak spesifik jender. menjalani penyesuaian usia, yang aktivitas neokorteksnya terjadi terutama di dunia maya NewCosmos, dan yang misi hidupnya adalah pergi ke tempat yang belum pernah ada perancang busana. ”Pada usia 45 tahun, baik kencan maupun definisi diri adalah hal yang ketinggalan zaman. Anda tinggal menunggu sebuah algoritma untuk menemukan (atau membuat) pasangan yang tepat untuk Anda. Seperti untuk menggambar makna dari seni desain fashion, Anda begitu tidak dapat ditarik kembali oleh algoritma yang melihat pencapaian penobatan Anda dari dekade sebelumnya mengisi Anda dengan rasa malu bukan kebanggaan. Dan Anda masih memiliki beberapa dekade perubahan radikal di depan Anda.

Tapi jangan ambil skenario ini secara harfiah. Tidak ada yang bisa memprediksi perubahan spesifik yang akan kita saksikan di masa depan. Skenario tertentu mungkin jauh dari kebenaran. Jika seseorang mendeskripsikan dunia pertengahan abad ke-21 kepada Anda dan kedengarannya seperti fiksi ilmiah, itu mungkin salah. Tetapi sekali lagi, jika seseorang mendeskripsikan dunia pada pertengahan abad ke-21 kepada Anda dan itu tidak terdengar seperti fiksi ilmiah, itu pasti salah. Kami tidak bisa memastikan spesifikasinya; mengubah diri adalah satu-satunya kepastian.

Perubahan besar seperti itu dapat mengubah struktur dasar kehidupan, membuat diskontinuitas fitur yang paling menonjol. Sejak dahulu kala, hidup dibagi menjadi dua bagian yang saling melengkapi: periode belajar diikuti oleh masa kerja. Di bagian pertama kehidupan, Anda mengumpulkan informasi, mengembangkan keterampilan, membangun pandangan dunia, dan membangun identitas yang stabil. Bahkan jika pada usia 15 Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda bekerja di sawah keluarga Anda (daripada di sekolah formal), hal terpenting yang Anda lakukan adalah belajar: bagaimana menanam padi, bagaimana melakukan negosiasi dengan pedagang beras yang rakus dari kota besar, dan bagaimana menyelesaikan konflik atas tanah dan air dengan penduduk desa lainnya. Di bagian kedua kehidupan, Anda bergantung pada keterampilan Anda yang terakumulasi untuk menjelajahi dunia, mencari nafkah, dan berkontribusi bagi masyarakat. Tentu saja, bahkan pada usia 50 tahun, Anda terus belajar hal-hal baru tentang beras, pedagang, dan konflik, tetapi ini hanyalah perubahan kecil pada kemampuan Anda yang diasah dengan baik.

Pada pertengahan abad ke-21, percepatan perubahan ditambah rentang hidup yang lebih lama akan membuat model tradisional ini menjadi usang. Hidup akan tercerai berai, dan kontinuitasnya akan semakin berkurang di antara berbagai periode kehidupan. “Siapa saya?” Akan menjadi pertanyaan yang lebih mendesak dan rumit dari sebelumnya.

Ini mungkin melibatkan tingkat stres yang sangat besar. Perubahan hampir selalu menimbulkan stres, dan setelah usia tertentu kebanyakan orang tidak suka melakukannya. Ketika Anda berusia 15 tahun, seluruh hidup Anda berubah. Tubuh Anda tumbuh, pikiran Anda berkembang, hubungan Anda semakin dalam. Semuanya berubah-ubah, dan semuanya baru. Anda sibuk menciptakan diri sendiri. Kebanyakan remaja merasa ketakutan, tetapi pada saat yang sama, itu juga menarik. Pemandangan baru terbuka di depan Anda, dan Anda memiliki seluruh dunia untuk ditaklukkan.

Pada saat Anda berusia 50 tahun, Anda tidak ingin perubahan, dan kebanyakan orang menyerah untuk menaklukkan dunia. Berada di sana, selesai, dapatkan T-shirt. Anda lebih suka stabilitas. Anda telah begitu banyak menginvestasikan keterampilan Anda, karier Anda, identitas Anda, dan pandangan dunia Anda bahwa Anda tidak ingin memulai dari awal lagi. Semakin sulit Anda membangun sesuatu, semakin sulit untuk melepaskannya dan memberi ruang untuk sesuatu yang baru. Anda mungkin masih menghargai pengalaman baru dan sedikit penyesuaian, tetapi kebanyakan orang berusia 50-an tahun tidak siap untuk merombak struktur mendalam identitas dan kepribadian mereka.

Ada alasan neurologis untuk ini. Meskipun otak orang dewasa lebih fleksibel dan mudah berubah dari yang pernah diduga, otak ini masih kurang lunak daripada otak remaja. Menghubungkan kembali neuron dan melemahkan sinapsis adalah kerja keras. Tetapi di abad 21, Anda tidak bisa membayar stabilitas. Jika Anda mencoba mempertahankan identitas, pekerjaan, atau pandangan dunia yang stabil, Anda berisiko tertinggal saat dunia terbang oleh Anda dengan sebuah wusss. Mengingat harapan hidup akan meningkat, Anda mungkin harus menghabiskan beberapa dekade sebagai fosil yang tidak mengerti. Agar tetap relevan – tidak hanya secara ekonomi tetapi di atas semua sosial – Anda akan membutuhkan kemampuan untuk terus belajar dan menemukan kembali diri Anda sendiri, tentu saja pada usia muda seperti 50 tahun.

Saran terbaik yang dapat saya berikan kepada anak berusia 15 tahun adalah: jangan terlalu bergantung pada orang dewasa. Kebanyakan dari mereka sangat berarti, tetapi mereka tidak mengerti dunia.

Ketika keanehan menjadi normal baru, pengalaman masa lalu Anda, serta pengalaman masa lalu dari seluruh umat manusia, akan menjadi panduan yang kurang dapat diandalkan. Manusia sebagai individu dan manusia secara keseluruhan akan semakin harus berurusan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi sebelumnya, seperti mesin super cerdas, badan rekayasa, algoritme yang dapat memanipulasi emosi dengan ketepatan luar biasa, cataclysms iklim buatan manusia yang cepat, dan kebutuhan untuk ubah profesi Anda setiap dekade. Apa hal yang tepat untuk dilakukan ketika menghadapi situasi yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya? Bagaimana seharusnya Anda bertindak ketika Anda dibanjiri oleh sejumlah besar informasi dan sama sekali tidak ada cara Anda dapat menyerap dan menganalisis semuanya? Bagaimana Anda hidup di dunia di mana ketidakpastian yang mendalam bukanlah bug tetapi fitur?

Untuk bertahan dan berkembang di dunia seperti itu, Anda akan membutuhkan banyak fleksibilitas mental dan cadangan keseimbangan emosi yang besar. Anda harus berulang kali melepaskan sebagian dari apa yang paling Anda ketahui, dan belajar untuk merasa di rumah dengan yang tidak diketahui. Sayangnya, mengajar anak-anak untuk merangkul yang tidak diketahui sambil mempertahankan keseimbangan mental mereka jauh lebih sulit daripada mengajarkan mereka persamaan dalam fisika atau penyebab Perang Dunia Pertama.

Anda tidak bisa belajar ketahanan dengan membaca buku atau mendengarkan ceramah. Guru sendiri biasanya tidak memiliki fleksibilitas mental yang dituntut oleh abad ke-21 karena mereka sendiri adalah produk dari sistem pendidikan lama.

Revolusi Industri telah mewariskan kepada kita teori lini produksi pendidikan. Di tengah kota, ada bangunan beton besar yang dibagi menjadi banyak kamar yang identik, masing-masing kamar dilengkapi dengan deretan meja dan kursi. Saat mendengar suara bel, Anda pergi ke salah satu kamar ini bersama 30 anak lain yang semuanya lahir di tahun yang sama dengan Anda. Setiap jam orang dewasa yang berbeda masuk dan mulai berbicara. Semua orang dewasa dibayar untuk melakukannya oleh pemerintah. Salah satunya memberitahu Anda tentang bentuk bumi, yang lain memberitahu Anda tentang masa lalu manusia, dan yang ketiga memberitahu Anda tentang tubuh manusia. Sangat mudah untuk menertawakan model ini, dan hampir semua orang setuju bahwa tidak peduli prestasi masa lalu, sekarang bangkrut. Namun sejauh ini kami belum menciptakan alternatif yang layak. Tentu saja bukan alternatif terukur yang dapat diterapkan di pedesaan Meksiko daripada hanya di pinggiran kota California yang kaya.

Meretas Manusia

Jadi saran terbaik yang dapat saya berikan kepada anak berusia 15 tahun yang terjebak di sekolah usang di suatu tempat di Meksiko, India, atau Alabama adalah: jangan terlalu bergantung pada orang dewasa. Kebanyakan dari mereka sangat berarti, tetapi mereka tidak mengerti dunia. Di masa lalu, itu adalah taruhan yang relatif aman untuk mengikuti orang dewasa, karena mereka tahu dunia dengan cukup baik, dan dunia berubah perlahan. Tetapi abad ke-21 akan menjadi berbeda. Karena semakin cepatnya perubahan, Anda tidak pernah bisa yakin apakah yang dikatakan orang dewasa itu adalah kebijaksanaan abadi atau bias yang ketinggalan jaman.

Jadi apa yang bisa Anda andalkan? Mungkin tentang teknologi? Itu adalah pertaruhan yang lebih berisiko. Teknologi dapat banyak membantu Anda, tetapi jika teknologi memperoleh terlalu banyak kekuatan atas hidup Anda, Anda mungkin menjadi sandera bagi agendanya. Ribuan tahun yang lalu manusia menciptakan pertanian, tetapi teknologi ini memperkaya hanya sekelompok kecil elit sembari memperbudak mayoritas manusia. Kebanyakan orang menemukan diri mereka bekerja dari matahari terbit sampai matahari terbenam mencabuti rumput liar, membawa ember air, dan memanen jagung di bawah terik matahari. Itu bisa terjadi pada Anda juga.

Teknologi tidak buruk. Jika Anda tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup, teknologi dapat membantu Anda mendapatkannya. Tetapi jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup, itu akan terlalu mudah bagi teknologi untuk membentuk tujuan Anda bagi Anda dan mengendalikan hidup Anda. Terutama karena teknologi menjadi lebih baik dalam memahami manusia, Anda mungkin semakin menemukan diri Anda melayaninya, alih-alih melayani Anda. Pernahkah Anda melihat orang-orang zombie yang berkeliaran di jalanan dengan wajah mereka terpaku pada smartphone mereka? Apakah Anda pikir mereka mengendalikan teknologi, atau apakah teknologi mengendalikannya?

Haruskah Anda mengandalkan diri sendiri, maka? Kedengarannya bagus di Sesame Street atau dalam film Disney kuno, tetapi dalam kehidupan nyata, itu tidak bekerja dengan baik. Bahkan Disney akan segera menyadarinya. Sama seperti Riley Andersen, kebanyakan orang hampir tidak mengenal diri mereka sendiri, dan ketika mereka mencoba “mendengarkan sendiri” mereka dengan mudah menjadi mangsa manipulasi eksternal. Suara yang kita dengar di dalam kepala kita tidak pernah dapat dipercaya karena selalu mencerminkan propaganda negara, cuci otak ideologis, dan iklan komersial, belum lagi bug biokimia.

Seiring pembelajaran bioteknologi dan mesin meningkat, itu akan menjadi lebih mudah untuk memanipulasi emosi dan keinginan terdalam orang, dan itu akan menjadi lebih berbahaya daripada sebelumnya hanya mengikuti kata hati Anda. Ketika Coca-Cola, Amazon, Baidu, atau pemerintah tahu cara menarik tali dari hati Anda dan menekan tombol-tombol otak Anda, apakah Anda masih bisa membedakan antara diri Anda dan ahli pemasaran mereka?

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup, itu akan terlalu mudah bagi teknologi untuk membentuk tujuan Anda bagi Anda dan mengendalikan hidup Anda.
Agar berhasil dalam tugas yang menakutkan, Anda harus bekerja sangat keras untuk mengenal sistem operasi Anda lebih baik – untuk mengetahui apa yang Anda dan apa yang Anda inginkan dari kehidupan. Ini, tentu saja, saran tertua dalam tulisan ini: ketahui sendiri. Selama ribuan tahun, para filsuf dan nabi telah mendesak orang untuk mengenal diri mereka sendiri. Tetapi nasihat ini tidak pernah lebih mendesak daripada di abad 21, karena tidak seperti di zaman Lao Tse atau Socrates, sekarang Anda memiliki persaingan yang serius. Coca-Cola, Amazon, Baidu, dan pemerintah semuanya berlomba untuk meretas Anda. Bukan ponsel cerdas Anda, bukan komputer Anda, dan bukan rekening bank Anda; mereka berpacu untuk meretas Anda dan sistem operasi organik Anda. Anda mungkin pernah mendengar bahwa kita hidup di era peretasan komputer, tetapi itu bahkan tidak setengah dari kebenaran. Faktanya, kita hidup di era peretasan manusia.

Algoritma sedang memperhatikan Anda sekarang. Mereka mengawasi ke mana Anda pergi, apa yang Anda beli, siapa yang Anda temui. Segera mereka akan memantau semua langkah Anda, semua napas Anda, semua detak jantung Anda. Mereka mengandalkan Big Data dan pembelajaran mesin untuk mengenal Anda lebih baik dan lebih baik. Dan setelah algoritme ini mengenal Anda lebih baik daripada yang Anda ketahui sendiri, mereka dapat mengontrol dan memanipulasi Anda, dan Anda tidak akan bisa berbuat banyak tentangnya. Anda akan hidup dalam matriks, atau di The Truman Show. Pada akhirnya, ini adalah masalah empiris yang sederhana: jika algoritme benar-benar memahami apa yang terjadi di dalam Anda lebih baik daripada Anda memahaminya sendiri, otoritas akan beralih ke mereka.

Tentu saja, Anda mungkin benar-benar senang menyerahkan semua wewenang kepada algoritme dan memercayai mereka untuk memutuskan berbagai hal untuk Anda dan untuk bagian dunia lainnya. Jika demikian, santai saja dan nikmati perjalanan. Anda tidak perlu berbuat apa-apa. Algoritma akan mengurus semuanya. Namun, jika Anda ingin mempertahankan sebagian kendali atas keberadaan pribadi Anda dan masa depan kehidupan, Anda harus berlari lebih cepat daripada algoritme, lebih cepat dari Amazon dan pemerintah, dan mengenal diri sendiri sebelum mereka melakukannya. Untuk berlari cepat, jangan membawa banyak barang dengan Anda. Tinggalkan semua ilusi Anda di belakang. Mereka sangat berat.

Tulisan asli : Yuval Noah Harari

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply