Kapan Ekonomi Pulih? Ini Jawaban Sri Mulyani

images-1.jpeg

JAKARTA, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemulihan perekonomian nasional baru mulai terakselerasi atau tumbuh pada kuartal II-2021. Itu artinya, ekonomi nasional masih akan terdampak COVID-19 di kuartal pertama tahun ini.

Hal itu diungkapkan saat rapat kerja (raker) bersama Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) secara virtual, Selasa (19/1/2021).

“Tahun 2021 kita pasti masih dihadapkan pada hal relatif sama, meski kita lihat mungkin pemulihan ekonomi bisa terakselerasi di 2021, terutama kuartal II, III dan IV,” kata Sri Mulyani.

Ia¬†menjelaskan Kondisi ekonomi nasional yang masih belum terakselerasi dikarenakan peningkatan jumlah kasus positif COVID, belum lagi pemerintah memberlakukan ‘PSBB ketat’ di Jawa Bali mulai tanggal 11 Januari hingga 25 Januari 2025.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tetap optimis pemulihan ekonomi nasional terjadi dikarenakan pemerintah sudah berhasil mengadakan vaksin COVID-19.

Mengenai penerimaan negara, menurut Sri Mulyani akan bergantung kondisi para wajib pajak (WP) baik orang pribadi (OP) maupun badan.

“Untuk 2021, mereka berharap bisa lebih baik. Tapi kalau ditanya apakah yakin? Mereka akan berikhtiar. Nah, penerimaan negara sangat bergantung ke kondisi mereka,” ungkapnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top