PKS : Ada Benarnya AHY Bisa Jadi Cawapres, Tapi Pilihan Itu Ada Pada Anies

Foto : pks
banner 468x60

JAKARTA, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menilai Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki kemampuan menjadi calon wakil presiden (cawapres). PKS menilai ucapan JK itu ada benarnya.

“Saya kira apa yang disampaikan Pak JK ada benarnya. Sebagai seorang Ketua Umum Partai dan Partai Demokrat salah satu partai yang cukup berpengaruh, tentu beliau punya kapasitas kepemimpinan politik,” ujar Jubir PKS Muhammad Kholid.

Read More
banner 300x250

Kholid mengatakan cawapres untuk Anies Baswedan harus memiliki dua kriteria, yakni kapasitas menang yang tinggi dan memiliki kapasitas untuk memimpin. Kholid mengatakan PKS menyerahkan keputusan cawapres kepada Anies Baswedan.

“Tapi bagi PKS, prinsipnya kami mendorong bahwa Cawapres Pak Anies adalah figur yang punya dua kriteria penting, punya kapasitas menang yang tinggi dan punya kapasitas untuk memimpin,” katanya.

“PKS juga sepakat dalam proses penentuan Cawapres, Capres diberikan keleluasaan untuk menentukan mana yang terbaik,” imbuhnya.

Sebelumnya, JK berbicara soal sosok cawapres yang cocok untuk mendampingi Anies Baswedan. JK menyebut AHY mempunyai kemampuan untuk menjadi calon wakil presiden.

Mulanya, JK mengatakan cawapres untuk Anies Baswedan menjadi kewenangan internal koalisi. Tak hanya itu, kata JK, Anies Baswedan juga memiliki kewenangan menentukan sendiri sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

“Kalau secara teknis dan secara ini kan, itu adalah kewenangan daripada koalisi dan capres,” kata JK setelah bertemu dengan AHY di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jaksel, Senin (15/5 2023).

JK kemudian mengatakan AHY mempunyai kemampuan menjadi cawapres. Kendati demikian, kata JK, mengenai cawapres untuk Anies menjadi kewenangan koalisi.

“Kalau Pak AHY ini pasti mempunyai kemampuan itu dan tentu di sini pertimbangan itu. Saya di luar. Itu kan kewenangan dari partai politik koalisi sendiri dan juga capres,” kata JK.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply