PDIP Jelaskan Pertemuan Erick Dan Ganjar, Terkait Cawapres?

Foto: bumntrack
banner 468x60

JAKARTA, Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah sekaligus bacapres PDIP Ganjar Pranowo yang baru pulang ibadah haji. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengungkapkan isi pertemuan Ganjar dan Erick di Jawa Tengah (Jateng).

“Mandat PDI Perjuangan terhadap Mas Ganjar Pranowo adalah sebagai bakal calon presiden. Terkait pertemuan Mas Ganjar Pranowo dengan sejumlah tokoh, termasuk Pak Erick Thohir tentu itu sebagai bagian dari silaturahmi. Komunikasi antartokoh bagi Mas Ganjar dan PDI Perjuangan sangat penting, apalagi kami membuka diri terhadap semua pihak demi kemenangan Mas Ganjar sebagai presiden tahun 2024,” kata Said kepada wartawan, Kamis (6/7/2023).

Read More
banner 300x250

Said mengatakan kedatangan Erick menyambut kepulangan Ganjar dari Tanah Suci. Dia membeberkan, dalam pertemuan itu keduanya membicarakan agenda-agenda pemerintahan sebelum akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun 2024.

“Pertemuan Mas Ganjar dan Pak Erick Thohir di Kantor Perwakilan Jawa Tengah adalah penyambutan Pak Erick kepada Mas Ganjar selepas Mas Ganjar pulang haji, dan kultur kita sepulang haji banyak sahabat yang memberikan selamat dan mendoakan hajinya mabrur,” kata Said.

“Apalagi kedua beliau ini adalah bawahan Presiden Jokowi, tentu fokus pembicaraannya adalah agenda-agenda untuk menyukseskan sisa waktu dari pemerintahan Presiden Jokowi, khususnya program-program Kementerian BUMN dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” imbuh dia.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR ini menilai positif pertemuan Ganjar dan Erick tersebut. Bahkan, menurutnya, kedua figur tersebut memang seharusnya terus kompak.

“Saya kira ini sinergi yang baik, kami sepenuhnya mendukung sinergi kedua beliau. Dan memang kewajiban kedua beliau untuk kompak,” ucapnya.

Said menyinggung posisi Erick yang juga merupakan Ketua Umum (Ketum) PSSI. Dia menduga Erick hendak membangun sinergi terkait perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia yang salah satunya dilaksanakan di wilayah Jateng.

“Di luar urusan program Kemententerian BUMN dan Pemprov Jateng, Pak Erick juga menjabat Ketua Umum PSSI. Dan kita ketahui bersama PSSI memiliki program perhelatan Piala Dunia U-17. Pak Erick mungkin saja ingin membangun sinergi terkait pelaksanaan kegiatan besar ini, karena mungkin salah satu venuenya di Jawa Tengah,” ujar dia.

“Kami pastikan PDI Perjuangan mendukung penuh Garuda Muda bisa tampil di panggung internasional, dan bisa merasakan kompetisi kelas dunia, hal ini akan memperbaiki mental juang anak anak kita di dunia sepakbola. Apalagi Indonesia memiliki banyak talenta pesepakbola muda, event U-17 ini sangat baik memupuk skil bola anak-anak kita,” sambungnya.

Lebih lanjut Said membicarakan penentuan bacawapres Ganjar. Menurut dia, keputusan soal figur yang akan mendampingi Ganjar akan diputuskan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama petinggi partai pendukung yakni PPP, Perindo, dan Hanura.

“Terkait urusan bacawapres yang akan mendampingi Mas Ganjar akan diputuskan bersama di antara ketua umum partai partai yang menyatakan dukungan terhadap Mas Ganjar, yang sejauh ini ada empat partai politik, yakni PDI Perjuangan, PPP, Perindo dan Hanura, dan kemungkinan akan bertambah lagi,” katanya.

Seperti diketahui, Ganjar dan Erick bertemu di Jateng kemarin. Di sebelah meja makan, Erick tampak membawakan sebuah bingkisan plastik warna merah kepada Ganjar. Keduanya tengah berbincang.

Plt Ketum Kornas Ganjarist Kris Tjantra mengonfirmasi pertemuan Erick dan Ganjar. Dia menyebut pertemuan itu dilakukan di rumah kantor perwakilan Jateng.

“Iya (hari ini). Di rumah kantor Perwakilan Jateng,” kata Kris kepada wartawan. (det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply