Surat Pemberitahuan Pendaftaran Anies-Muhaimin Sudah Di Terima KPU

Foto: antara
banner 468x60

JAKARTA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran dari pasangan bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN). Rencananya, AMIN akan mendaftar pada 19 Oktober 2023.

“Pada hari Sabtu (14/10) sore, kami telah mendapatkan surat, menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran partai koalisi, atau gabungan partai politik dari Partai NasDem, Partai PKB, dan Partai PKS, berencana akan mendaftarkan bakal pasangan calon presiden dan wakil presidennya pada hari pertama tanggal 19 Oktober 2023 Jam 8 pagi sampai dengan selesai,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023).

Read More
banner 300x250

Idham lantas mengingatkan pasangan capres cawapres lain yang juga akan mendaftar, untuk memberikan surat pemberitahuan terlebih dulu kepada KPU. Dia menyebut surat itu wajib disampaikan minimal satu hari sebelum mendaftar.

“Partai politik atau gabungan partai politik wajib menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU, paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden,” paparnya.

Dia menuturkan dengan pemberitahuan surat itu, maka diharapkan proses pendaftaran dapat berjalan lancar. Selain itu, kata Idham, tujuan diberikannya surat agar tidak bersamaan waktu pendaftarannya dengan pasangan lain.

“Pemberitahuan surat tersebut atau penyampaian surat tersebut itu dengan tujuan untuk memastikan proses penerimaan pendaftaran berjalan lancar, tidak terjadinya bentrok waktu pendaftaran,” imbuh dia.

Sekjen DPP Partai NasDem Hermawi F Taslim sebelumnya mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan pendaftaran pasangan AMIN ke KPU dan sudah diterima. Dalam surat tersebut, pasangan AMIN akan mendaftar ke KPU pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 pada pukul 08.00 WIB.

“Sudah kami masukkan dan sudah diterima KPU,” ujar Hermawi, Sabtu (14/10).

Sementara, Sekjen DPP PKB Hasanudin Wahid menambahkan bahwa dengan adanya surat pemberitahuan tersebut, maka proses pendaftaran akan segera diselesaikan. Sehingga pada saat hari pertama pendaftaran dibuka, pasangan AMIN katanya menjadi pasangan capres-cawapres pertama yang mendaftar.

“Insyaallah kami jadi pasangan pertama dan akan tiba sekitar pukul 08.00 pagi,” ujar Hasanudin.(det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply