Perkuat Persatuan, Prabowo Tegaskan Anies Dan Ganjar Bukan Lawan Tapi Saudara

Foto: Prabowo Subianto. (dok. Tim Media Prabowo Subianto).
banner 468x60

JAKARTA, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyebut kerukunan merupakan kunci membangun Indonesia. Prabowo menganggap bakal calon presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, sebagai saudara sendiri.

“Karena itulah saya berpendapat bahwa demokrasi Indonesia harus punya ciri khas. Demokrasi Indonesia jangan meniru negara lain,” kata Prabowo.

Read More
banner 300x250

Prabowo menyebut demokrasi jangan dihiasi dengan caci maki. Prabowo mengajak semua pihak mengedepankan kerukunan.

“Dalam demokrasi kita jangan caci maki, saling mengejek. Melainkan harus rukun, ke arah persatuan,” kata dia.

Prabowo mengimbau agar demokrasi di Indonesia dibangun dengan persaingan yang fokus pada gagasan dan tidak antikritik. Ia memandang, semua pihak harus bersahabat dalam membangun negara.

“Mari kita bersaing yang baik. Dalam hal gagasan dan program. Kita jangan sungkan untuk saling merangkul, saling bersahabat,” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini menyinggung dinamika politik tanah air di mana dia menjadi salah satu capres yang bakal berlaga di Pemilu 2024. Prabowo menyebut kontestan lainnya merupakan saudaranya juga.

“Kalau nanti insyaallah, saya terus capres, ini bukan kampanye ya. Kalau nanti Pak Ganjar terus maju, Pak Anies juga, saya tidak menganggap mereka lawan. Saya anggap mereka saudara saya sendiri,” ujar Prabowo yang disambut riuh hadirin.

Kedepankan Persatuan

Prabowo juga menyebut kemajemukan bangsa dapat menjadi rawan jika tidak dikelola dengan baik. Kemajemukan yang sangat besar itu, kata Prabowo, dilihat dari banyaknya suku, agama, ras hingga etnis yang ada di Indonesia.

“Kita adalah negara yang begitu majemuk. Heterogenitas bisa menjadi rawan kalau kita tidak pandai-pandai mengelola,” kata Prabowo.

Prabowo menyebut founding fathers Indonesia merupakan sosok yang hebat karena dapat mempersatukan seluruh rakyat yang majemuk tersebut. Menurutnya, hal ini dapat terlihat dari pemilihan Bahasa Indonesia oleh para founding fathers sebagai bahasa kebangsaan. Prabowo menyebut ini merupakan gagasan cemerlang yang mempersatukan.

“Kita bersyukur founding fathers kita begitu hebat. Mereka memilih bahasa kebangsaan bukan dari bahasa mayoritas. Bahkan dari bahasa minoritas,” kata Prabowo.

“Bahasa Indonesia bersumber dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu bersumber dari daerah-daerah di Sumatera yang merupakan minoritas,” lanjut dia.

Prabowo mengatakan negara-negara lain masih kesulitan untuk bersatu karena tidak memiliki bahasa kebangsaan. Prabowo mengimbau hal ini harus dijaga oleh para pemimpin.

“Banyak negara lain sulit, banyak negara lain belum punya bahasa kebangsaan. Ini the brilliance of our founding fathers,” kata Prabowo.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply