Lima Kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah

Solo salah satu kota yang disebut berbiaya hidup rendah di Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya)
banner 468x60

Di Indonesia ada beberapa kota yang terkenal dengan biaya hidup termurah. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi para calon mahasiswa yang ingin menekan bujet pengeluaran.

Banyak kampus favorit yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tentu mahasiswa akan senang ketika menempuh pendidikan di kota dengan biaya hidup termurah. Salah satunya Kota Pelajar, Yogyakarta.

Read More
banner 300x250

Yogyakarta sudah lama dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termurah. Mulai dari biaya kos, makan hingga transportasi dianggap masih terjangkau untuk kantong mahasiswa.

Berdasarkan data Survei Biaya Hidup (SBH) dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 mencatat, Jakarta menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Biaya hidup satu orang yang berkeluarga di Jakarta yaitu sekitar Rp 2,5 juta – Rp 5 juta.

Sementara itu, dikutip dari lembaga konsultan pendidikan SUN Education (2/7) ada beberapa kota yang terbukti memiliki biaya hidup termurah di Indonesia.

Berikut kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia:

Yogyakarta

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta kerap menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Apalagi di sini banyak kampus dan sekolah favorit yang jadi primadona.

Selain itu, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota dengan biaya termurah di Indonesia. Di sini banyak tempat makan yang menawarkan makanan enak namun dengan harga murah. Bahkan dengan uang Rp 10 ribu saja kamu bisa puas makan dan minum sampai kenyang.

Biaya kos di Jogja juga terbilang murah berkisar Rp 300.000 – Rp 700.000, setengah dari rata-rata biaya indekos di Jakarta dengan fasilitas sama. Total biaya hidup di Jogja per bulan berkisar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta.

Jika kamu mengincar kuliah di Jogja, ada beragam pilihan universitas terbaik di Indonesia mulai dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, UPN Veteran Yogyakarta, dan lainnya.

Solo

Selanjutnya ada kota Solo yang juga dikenal dan termasuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah untuk mahasiswa. Biaya hidup di Solo, Jawa Tengah berkisar Rp 1,5 juta per bulan, dengan biaya kos, harga makanan, dan ongkos transportasi kurang-lebih sama dengan Yogyakarta.

Di Solo juga terdapat banyak kampus yang menjadi incaran para mahasiswa. Sebut saja beberapa diantaranya ada Universitas Negeri Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Surakarta, dan Universitas Islam Batik.

Cirebon

Beralih ke Jawa Barat, ada Cirebon yang juga bisa jadi tujuan para pelajar untuk menekan biaya hidup selama mengenyam pendidikan. Biaya hidup di Cirebon berkisar Rp 1,5 juta – Rp 2 juta, sudah termasuk sewa kamar, uang makan, serta transportasi selama sebulan.

Biaya kos di Cirebon untuk mahasiswa berkisar Rp 500.000 – Rp 800.000. Adapun biaya makan sekitar Rp 200.000 – Rp250.000 per minggu. Dengan demikian, kamu bisa menyisihkan uang untuk keperluan kuliah ataupun sebagai tabungan. Ada beberapa kampus terkenal di Cirebon di antaranya yaitu Universitas Swadaya Gunung Djati, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon.

Banyuwangi

Di bagian ujung Timur Pulau Jawa, ada Banyuwangi yang menjadi kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Mahasiswa yang berkuliah di Banyuwangi tak perlu khawatir soal budget makan karena di sini banyak rumah makan yang menawarkan harga murah.

Biaya hidup di Banyuwangi untuk mahasiswa sekitar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta per bulan, dengan biaya minimum dapat mencapai sekitar Rp 800 ribu per bulan. Biaya transportasi di Banyuwangi juga termasuk terjangkau.

Universitas Airlangga, salah satu universitas terbaik di Indonesia juga punya kampus di Banyuwangi. Selain itu, pilihan kampus lainnya yaitu Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, dan Universitas Bakti Indonesia.

Metro

Tak hanya di pulau Jawa saja, kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia juga ada di pulau Sumatera, tepatnya di Kota Metro Lampung. Mahasiswa di kota Metro tak perlu khawatir dengan biaya kost yang membengkak

Mahasiswa bisa sewa kamar dengan biaya rata-rata Rp 4 juta per tahun atau sekitar Rp 350 ribu per bulan. Sementara biaya makan di Metro per bulan berkisar Rp 600-800 ribu sehingga total biaya hidup di Metro diestimasi kurang dari Rp 1,5 juta.

Sejumlah kampus yang berlokasi di Metro di antaranya yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Universitas Muhammadiyah Metro, STKIP PGRI Metro, dan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung.

Kisaran biaya yang disebutkan ini hanyalah estimasi, karena tentu saja setiap orang memiliki pengeluaran yang berbeda sesuai kebutuhan dan gaya hidup. Tapi kalau mau berhemat sebagai mahasiswa rantau, lima kota ini bisa jadi tujuan.

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply