Heboh Netizen Tentang Keyakinan Farel Prayoga

banner 468x60

Luar biasa banget anak ini. Masih kecil, tapi cara berpikirnya sudah sangat dewasa

JAKARTA, Penyanyi cilik Farel Prayoga bikin kaget warganet Indonesia soal agama yang dianutnya. Bukan cuma sekali, tapi dua kejutan beruntun.

Read More
banner 300x250

Lini masa media sosial pun tampak jelas bagaimana reaksi netizen Indonesia sukses dipingpong Farel Prayoga beberapa hari belakangan ini.

Dihimpun dnews, Selasa (11/10/2022) beginilah urutan Farel menggocek netizen Indonesia:

Bilang agama adalah privasi kepada Gus Miftah

Awal kehebohan ini adalah ketika Farel Prayoga tampil bersama Gus Miftah di Banyuwangi, Jawa Timur. Gus Miftah menasihati Farel soal mengaji dan direspons panitia dengan kertas berinformasi soal agama Farel.

“Agamamu apa? Kristen atau Katolik?” tanya Gus Miftah.

Tak mau menjawab pertanyaan Gus Miftah, Farel mengatakan bahwa agama merupakan ranah privasi. “Enggak lah, privasi,” ungkap Farel.

Jawabannya tersebut membuatnya jadi trending topic Twitter dan menuai pujian dari banyak orang.

“Farel ketika ditanya apa agamanya; jawabnya “enggaklah, privasi.” Luar biasa banget anak ini. Masih kecil, tapi cara berpikirnya sudah sangat dewasa. Sudah memahami bahwa agama seseorang & cara beribadah adalah hal yang sangat privat antara manusia & Tuhannya. ❤️,” kata politisi Tsamara Amany di akun @TsamaraDKI.

Netizen kegocek Farel, mengira non muslim

Dari jawaban Farel kepada Gus Miftah, netizen langsung beranggapan kalau Farel adalah non muslim. Banyak tweet seolah mengabarkan kalau Farel bukan muslim.

Seperti biasa, banyak netizen mendadak jadi pakar, saling berbalas tweet menganalisa kenapa Farel bilang agama adalah urusan privasi. Ada netizen berpendapat, Farel tidak mau kehilangan fans.

Ada lagi yang nyinyir kalau Farel sengaja pakai isu agama untuk mendongkrak popularitas. Netizen merasa seperti digocek Farel.

“Ya Allah agamanya farel prayoga aja diributin,” kata @astrian***.

“Yawis rapopo. Sekarang sholawatan dulu. Nanti moga-moga nemu jalannya buat syahadat,” kata @ragils*** yang yakin Farel non muslim.

Beredar video Farel sholat, netizen kegocek dua kali

Setelah netizen mengira Farel non Muslim, di TikTok beredarlah video Farel sedang iqomah dan sholat. Kecele lagi deh warga +62. Video ini kemudian viral lagi.

“Netizen pun bingung setelah kemarin Farel Prayoga mengaku Non Muslim di acara pengajian Gus Miftah,” kata @gwydi***.

“Farel bilang privasi, ngga ngaku apa apa. Pria di sampingnya adalah manajernya. Ngga perlu kata kata yg penting perbuatan nyata 👍,” kata @queenan23***.

Pendamping Farel yaitu Zidni Ilman Nafia akhirnya mengungkapkan Farel adalah Muslim bukan nonmuslim seperti dugaan orang. Namun dia sekali lagi mengingatkan bahwa ini adalah privasi Farel.

Zidni menjelaskan Farel Prayoga memang sengaja tidak mengungkapkan agama apa yang dianutnya saat ditanya oleh Gus Miftah. Hal ini dilakukan untuk menghargai agama yang dianut oleh orang tuanya.

“Jadi mungkin dia itu masih apa ya, masih menghargai (agama) orang tuanya gitu. Masih ada hal yang harus dijaga,” ujarnya.

Gus Miftah klarifikasi

Seperti diketahui sebelumnya, Gus Miftah sudah memberikan klarifikasi usai polemik menanyakan agama Farel Prayoga dan dijawab sebagai ranah privat sang penyanyi. Gus Miftah membantah melakukan intervensi agama.

“Saya sampaikan ke Farel, ‘Farel apapun agamamu tolong yang taat, taatlah terhadap agamamu, jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal, maka kamu harus banyak berterima kasih dan bersyukur pada Tuhan.’ Jadi kejadian seperti itu, bukan saya intervensi agamanya Farel,” tegas Gus Miftah kepada detikcom.

Klarifikasi ini juga tampil lewat akun Pengajian Gus Miftah @pgmoraaji.

“Justru saya mendorong farel jadi hamba yang taat apapun agamanya,” kata Gus Miftah.

 

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply