Kawasan Industri Kemingking, peran JKE bantu pemulihan ekonomi nasional

banner 468x60

JAKARTA, Dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada beberapa kesempatan mengatakan kunci utama adalah investasi.

“Pemulihan ekonomi, kuncinya adalah di investasi. Karena APBN kita tidak memungkinkan untuk seluruh pembangunan ini dikover dari anggaran APBN,” ujar Jokowi saat membuka Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi yang disiarkan virtual, Rabu (6/1/2021) awal tahun ini dikutip dari CNN Indonesia.

Read More
banner 300x250

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga memberikan mandat kepada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah setempat untuk tidak menghambat laju investasi.

Untuk itu PT. Jambi Kemingking Ecopark hadir di Provinsi Jambi untuk berpartisipasi dalam program pemulihan ekonomi nasional.

PT Jambi Kemingking Ecopark (JKE) sebagai pengembang Kawasan Industri (KI) Kemingking telah menjadikan kawasan industri tersebut menjadi kawasan skala Prioritas nasional berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Pada lampiran IV angka 6.2.2 halaman 433 terkait Pengembangan Kawasan Strategis Proyek Prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2020-2024.

Dilihat dari semua aspek, ini merupakan program mandiri (swasta murni) dan telah mendapatkan restu dari pemerintah pusat serta didukung penuh Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan semua lapisan masyarakat di Jambi.

Pengembangan KI Kemingking ini diyakini akan mendatangkan investasi sampai dengan 77 Trilyun rupiah, dan membuka sekitar 147.500 lapangan pekerjaan baru. Pengembangan kawasan industri (KI) terintegrasi seluas 2.150 hektar, ini akan terdiri dari kawasan industri, pusat kawasan berikat, pergudangan modern, area tanki timbun, residensial dan komersial area, technopark, pusat riset, pengembangan, pusat edukasi, dan pelabuhan terintegrasi.

Pelaksanaan Ground Breaking Pembangunan Pabrik Sarang Burung Walet, PT Jambi Sino Nest (JSN) pada tanggal 19 Desember 2020 lalu adalah pernyataan resmi dimulainya Pelaksanaan Proyek pembangunan strategis nasional.

Dan menjadi peluang investasi dalam pengembangan Kawasan Industri Kemingking milik PT Jambi Kemingking Ecopark.

Sebagai kawasan industri Terpadu Modern yang pertama di Provinsi Jambi, tentu pengembangan kawasannya telah di desain dengan konsep smart eco-industry city dan menjunjung tinggi nilai hijau yang ramah lingkungan.

Pengembangan kawasan industri ini meliputi pembangunan yang berkelanjutan, konsep smart-city, energi terbarukan dan juga implementasi dari industi 4.0.

Tidak hanya itu, kawasan industri Kemingking juga telah menjadi kunci strategis sebagai pengembangan perekonomian nasional khusus di Provinsi Jambi.

Sebagai pengembang, KI Kemingking yang berfokus pada industri Agro dan seluruh hilirisasinya ini diyakini dapat mengoptimalkan industri hilirisasi dari seluruh potensi sumber daya alam yang ada di Provinsi Jambi dan sekitarnya.

Sehingga, keberadaan KI Kemingking akan merangsang munculnya industri-industri manufaktur lokal yang merupakan penyokong utama industri nasional.

Kehadiran KI Kemingking (JambiIntegratedCity) sebagai satu-satunya kawasan industri di Provinsi Jambi diharapkan dapat menjawab tantangan terhadap perkembangan industri di wilayah Jambi, tentu saja nantinya akan menjadi pusat hilirisasi sumber daya alam yang ada di daerah tersebut dan sekitarnya.

Sehingga, dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan membantu meningkatkan perekonomian warga Jambi secara khusus. Tak hanya itu, pengembangan kawasan industri Kemingking juga dapat merecovery perekonomian Indonesia dalam masa maupun pasca Pandemi COVID-19.

Pengembangan kawasan industri Kemingking ini telah mendapatkan izin pengembangan yang terdiri dari Surat Rekomendari Kades dan Camat, Surat Rekomendasi Kementerian Perindustrian, Persetujuan Prinsip dari Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Surat Rekomendasi Kesesuaian Tata Ruang, ANDALALIN, NIB, Izin Lingkingan OSS berkomitmen, Izin Operasional OSS berkomitmen, hingga Izin Usaha Kawasan Industri OSS berkomitmen.

KI Kemingking saat ini juga mendapatkan dukungan dari organisasi Bara JP dan Seknas Jokowi yang akan ikut serta dalam bentuk kerjasama program FOOD ESTATE di lahan Kawasan Industri tersebut untuk mendukung program ketahanan pangan nasional Indonesia.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply