Ini Caranya Buat Pengguna WhatsApp Bisa Bikin Channel Sendiri

Foto: medcom.id
banner 468x60

JAKARTA, Beberapa waktu yang lalu WhatsApp telah merilis fitur Channel untuk pengguna di seluruh dunia. Kini, aplikasi milik Meta itu mulai menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna umum membuat channel-nya sendiri.

Kehadiran opsi untuk membuat Channel WhatsApp sebenarnya bukan hal yang mengejutkan. Saat meluncurkan fitur Channel bulan lalu, WhatsApp mengatakan akan merilis fitur untuk membuat channel kepada seluruh pengguna dalam beberapa bulan ke depan.

Read More
banner 300x250

Fitur baru ini mulai digulirkan kepada pengguna WhatsApp untuk iOS. WABetaInfo mengatakan fitur ini kompatibel dengan WhatsApp untuk iOS versi 23.20.76, tapi memang tidak tertera di changelog update terbaru.

Meski tidak tercantum di changelog, WABetaInfo mengatakan pengguna WhatsApp di iOS sudah bisa membuat Channel-nya sendiri. Untuk mengetahuinya, buka tab Updates di aplikasi WhatsApp, lalu ketuk ikon plus (+) kedua.

Jika kalian menemukan opsi ‘Create Channel’ maka akun WhatsApp kalian sudah bisa membuat Channel pribadi. Jika hanya menemukan pilihan ‘Find Channels’ artinya kalian belum beruntung dan harap menunggu sampai mendapat update-nya yang mungkin akan memakan waktu beberapa minggu.

WABetaInfo mengatakan WhatsApp merilis fitur untuk membuat Channel secara bertahap. Artinya tidak semua pengguna akan menerima fitur baru ini secara serentak, dan akan membutuhkan waktu sampai fitur ini tersedia untuk semua pengguna.

Cara membuat Channel WhatsApp di iOS

  • Pastikan aplikasi WhatsApp di iOS sudah menjalankan versi terbaru
  • Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke tab Updates atau Pembaruan
  • Ketuk ikon plus (+) dan pilih Create Channel atau Buat Saluran
  • Ketuk Get Started atau Mulai lalu ikuti petunjuk di layar
  • Masukkan nama channel untuk menyelesaikan pembuatan channel. Kalian bisa mengganti nama channel di lain waktu
  • Kustomisasi channel dengan menambahkan deskripsi dan ikon
  • Ketuk Create Channel atau Buat Saluran, dan Channel WhatsApp kalian sudah berhasil dibuat.
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply