Ida Fauziyah: Bukan Hal Yang Baru Menteri Maju jadi Caleg

Ida Fauziyah. Foto : tvrinews
banner 468x60

JAKARTA, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi maju sebagai bakal calon legislatif (caleg) dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Ida menjamin kinerja Kemnaker tak terganggu.

“Soal menteri yang mencalonkan diri, saya kira Ini kan bukan hal baru pada pemilu-pemilu sebelumnya itu juga banyak menteri yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif,” kata Ida Fauziyah kepada wartawan di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023).

Read More
banner 300x250

Dia mengatakan akan membagi tugas dengan Wakil Menaker Afriansyah Noor yang juga mencalonkan diri sebagai caleg. Dia memastikan pencalonan dirinya dan Afriansyah tak akan mengganggu tugas di Kemenaker.

“Saya kira tugas utama saya sebagai Menteri tetap membantu Presiden sebagaimana instruksi yang dimandatkan kepada saya, karena saya akan membagi dengan baik kalau harus kampanye dan harus cuti ya kita cuti, tapi akan baik saya akan memanfaatkan hari Sabtu Minggu,” ujar Ida.

“Kalau Pak Wamennya juga nyalon ya kami akan berbagi tugas dengan Pak Wamen, kalau misalnya harus cuti ini harus diupayakan sih berjalan dengan baik, tidak mengganggu kinerja, tidak mengganggu kinerja di Kementerian kami akan berbagi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengaku siap cuti agar tak mengganggu tugasnya di Kemenaker. Menurutnya, tim Kemenaker akan kuat menjalankan tugas jika dirinya tak bisa terjun langsung ke lapangan karena cuti.

“Kami ya tentu mencalonkan itu kan bukan calon presiden yang membutuhkan energi yang luar biasa, pasti kami akan kuatkan tim Kemenaker jika harus cuti maka tim Kementerian Ketenagakerjaan ini akan kuat dan juga akan memperkuat tim saya, jadi nggak perlu saya turun secara langsung kecuali hari libur atau jika terpaksa pun saya harus cuti gitu,” ujarnya.

Sebelumnya, Ida mengaku belum mendiskusikan pencalonannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia berkata akan berkomunikasi dengan Presiden Jokowi setelah pendaftaran caleg.

“Nanti. Kita kan baru mendaftarkan hari ini. Setelah ini tentu kita akan laporkan ke Bapak Presiden,” ucap dia.

Meski begitu, Ida mengatakan keikutsertaannya di kontestasi Pileg 2024 tidak akan mengganggu tugasnya sebagai menteri di kabinet. Dia mengatakan akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

“Menteri menjadi calon anggota legislatif kan bukan pengalaman pemilu tahun 2024 ini. Pemilu tahun sebelumnya juga banyak menteri yang mencalonkan diri sebagai legislatif. Kita akan ikuti aturan, menjaga agar tugas sebagai pembantu presiden tidak terganggung dengan proses pencalegan itu sendiri,” katanya.

Diketahui, Wakil Menaker Afriansyah Noor juga mencalonkan diri sebagai anggota legislatif lewat PBB. Ida mengatakan telah saling berkomunikasi dengan Afriansyah.

“Tadi Pak Wamen sudah menyampaikan bahwa dia juga mencalonkan diri, tugas sebagai wamen juga tidak boleh terganggu dengan pencalonan ini,” tutur dia.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply