‘Google’ China Rencanakan Layanan ChatBot Seperti ChatGPT

Foto : Pexels
banner 468x60

JAKARTA, Raksasa mesin pencarian di China, Baidu, berencana meluncurkan layanan chatbot kecerdasan buatan yang serupa dengan ChatGPT. Persaingan teknologi bot AI diprediksi semakin sengit dengan kehadirannya.

Sumber yang menolak disebutkan namanya mengatakan, Baidu ingin meluncurkan aplikasi bergaya ChatGPT ini di bulan Maret, dengan menyematkannya ke dalam layanan pencarian utamanya.

Read More
banner 300x250

Fitur yang belum diketahui namanya ini akan memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian dengan gaya percakapan seperti ChatGPT. Kabar ini seketika membuat saham perusahaan naik sebanyak 5,8%.

Dikutip dari Economic Times, Senin (30/1/2023) Baidu menghabiskan miliaran dolar untuk meneliti AI dalam upayanya selama bertahun-tahun untuk beralih dari pemasaran online ke teknologi yang lebih mendalam.

“Model pembelajaran mesin skala besar miliknya telah dilatih berdasarkan data selama bertahun-tahun dan akan menjadi dasar dari fitur atau alat mirip ChatGPT yang akan dirilis,” kata sumber yang mengetahui hal ini. Sementara itu, perwakilan Baidu menolak memberikan komentar.

ChatGPT, alat kecerdasan buatan OpenAI, menggemparkan jagat maya sejak kemunculannya di internet pada November 2022. ChatGPT mengumpulkan lebih dari satu juta pengguna dalam beberapa hari dan memicu perdebatan tentang peran AI di sekolah, kantor, dan rumah.

Sejumlah perusahaan teknologi termasuk Microsoft Corp. menginvestasikan miliaran dolar untuk mencoba hal serupa dan mengembangkan aplikasi ini di dunia nyata, sementara yang lain memanfaatkan hype aplikasi ini untuk mengumpulkan dana.

Saham Buzzfeed Inc. meningkat lebih dari dua kali lipat bulan ini setelah mengumumkan rencana untuk memasukkan ChatGPT dalam kontennya. Baidu, Alibaba Group Holding Ltd., Tencent Holdings Ltd. dan ByteDance Ltd. mengontrol sebagian besar internet di China.

Perusahaan pencarian tersebut mencoba menghidupkan kembali pertumbuhan di era mobile, setelah semakin tertinggal dari pesaingnya yang lebih besar di arena seperti iklan mobile, video, dan media sosial.

Selain riset AI, raksasa pencarian itu kini juga mengembangkan teknologi swakemudi.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply