Agum Gumelar Sampaikan Bahwa Purnawirawan Akan Jaga Netralitas Jelang Pemilu

Ketua Umum DPP Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata RI (Pepabri), Agum Gumelar (kiri), memberikan keterangan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/5/2023), selepas diterima Presiden RI Joko Widodo. ANTARA/Indra Arief Pribadi
banner 468x60

JAKARTA, Jajaran petinggi organisasi purnawirawan menegaskan netralitas menjelang Pemilu dan Pilpres 2024 yang mereka sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo saat diterima di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Menurut Ketua Umum DPP Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata RI (Pepabri) Agum Gumelar hal itu disampaikan setelah Presiden Jokowi memberi arahan tentang upaya bersama agar Pemilu-Pilpres 2024 berjalan lebih lancar, aman, tertib, dan demokratis dibandingkan Pemilu-Pilpres 2019.

Read More
banner 300x250

“Maka kami sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa para purnawirawan yang tergabung dalam organisasi ini, yang pertama dalam masalah Pilpres, Pemilu, sebagai organisasi, sebagai satu lembaga kami harus bersikap netral,” kata Agum dalam keterangan kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

Kendati demikian, Agum menambahkan bahwa di level perseorangan, organisasi-organisasi purnawirawan memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk memilih di antara pilihan yang ada.

“Kalau ada dua pilihan, pilih di antara dua. Kalau ada tiga pilihan, pilih di antara tiga. Dengan catatan bahwa perbedaan pilihan yang kami lakukan, sifatnya harus sementara,” ujarnya.

Mantan Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan tersebut menegaskan bahwa segenap organisasi purnawirawan sepakat bahwa selepas Pemilu maupun Pilpres 2024 berakhir, perbedaan itu harus dilupakan.

Organisasi purnawirawan, lanjut Agum, akan menghormati apa pun hasil yang menjadi keputusan demokrasi.

Menurut Agum, pernyataan sikap itu diapresiasi oleh Presiden Jokowi mengingat hal tersebut sudah sesuai dengan harapan yang bersangkutan. Presiden juga menitipkan pesan sejumlah agenda penting seperti hilirisasi industri sumber daya alam (SDA) untuk dilanjutkan oleh pemerintahan baru hasil Pemilu-Pilpres 2024.

“Yang positif, yang membawa keadaan negara kita ini baik, harus dilanjutkan. Harapannya begitu. Jadi pulang kepada kita mau pilih siapa, tapi sekali lagi beda memilih sifatnya sementara,” ujar Agum.

Dalam kesempatan tersebut, selain Pepabri, turut diterima Presiden adalah perwakilan dari Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD),

Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL), Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Udara (PPAU), Persatuan Purnawirawan Polri (PPPolri), dan Legiun Veteran RI (LVRI).(ant)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply