WhatsApp bisa ‘Undo Delete’ pesan

logo WhatsApp
banner 468x60

JAKARTA, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan dengan mudah, baik untuk pesan yang diterima maupun yang dikirim untuk pengguna lain. Tidak hanya sampai di situ, WhatsApp tampaknya sedang mengembangkan fitur ‘undo delete’ untuk mengembalikan pesan yang dihapus.

Fitur baru ini pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo yang menemukannya di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.13.5. Saat ini fitur tersebut sedang dalam tahap pengembangan jadi belum tersedia untuk beta tester.

Read More
banner 300x250

WABetaInfo mengatakan fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang salah menghapus pesan. Misalnya, saat pengguna ingin menghapus pesan yang salah kirim untuk semua orang di grup tapi malah memilih opsi ‘hapus untuk saya’.

Karena salah pencet itu, anggota grup lainnya masih bisa melihat pesan yang ingin dihapus tapi pengirim malah tidak bisa melihatnya karena sudah dihapus dari chat-nya. Untungnya, berkat fitur ‘undo delete’ yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp, bencana seperti ini bisa terhindarkan.

Dari screenshot preview yang dibagikan WABetaInfo, saat pengguna tidak sengaja menghapus pesan setelah memilih opsi ‘hapus untuk saya’, WhatsApp akan menampilkan snackbar di bagian bawah layar.

WhatsApp kembangkan fitur ‘undo delete’ untuk kembalikan pesan yang terhapus . Snackbar ini bertuliskan ‘Undo’ yang bisa diklik oleh pengguna untuk mengembalikan pesan yang dihapus secara tidak sengaja, seperti dikutip dari WABetaInfo, Minggu (5/6/2022).

Begitu fitur ini dirilis secara publik, pengguna hanya memiliki jeda waktu beberapa detik untuk mengklik tombol Undo dan membatalkan proses penghapusan pesan, jadi harus bergerak cepat. Setelah pesan yang dihapus kembali, pengguna bisa langsung menghapusnya untuk semua orang di grup.

Saat ini fitur ‘undo delete’ masih dikembangkan oleh WhatsApp. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia untuk beta tester dan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply