PA GMNI: Tolak Sekolah Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

banner 468x60

JAKARTA, Belakangan ini beredar surat kepala dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta terkait tindak lanjut intruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta agar sekolah dapat digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.
“Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini, perlu kami sikapi, ” ujar Made Baskara, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Budaya PA GMNI Jakarta Raya.

Dalam keterangan tertulisnya Made Baskara menegaskan bahwa sekolah adalah tempat generasi penerus bangsa dalam menimba ilmu pengetahuan, haruslah bersih dan sehat, sehingga siswa-siswa dapat menimba ilmu dengan nyaman, tidak cemas akan tertular virus Covid-19.

Read More
banner 300x250

Keberadaan virus Covid-19 yang sulit terdeteksi, akan menjadi kendala besar untuk siswa saat waktu sekolah sudah dimulai lagi. Siswa yang sekolahnya digunakan sebagai tempat isolasi akan mudah terkena virus Covid-19, jika hal ini terjadi, sangat besar kerugian yang ditanggung oleh bangsa ini.

Daya tahan tubuh siswa yang masih masa pertumbuhan tidak sama dengan orang dewasa, masih rentan dengan penyakit, kurangnya kehati-hatian siswa dalam menyikapi virus Covid-19 saat di sekolah, tidak bisa disalahkan karena mereka masih butuh bimbingan guru. Di sisi lain guru pun sangat sulit memberi kepastian apakah sekolahnya aman dari virus Covid-19.

Pemerintah Provinsi sendiripun tidak bisa memberi jaminan terhadap sekolah yang digunakan untuk isolasi pasien Covid-19 sudah steril dari virus Covid-19, walaupun sekolah tersebut sudah disemprot desinfektan.

“Seharusnya Pemprov DKI dapat menggunakan RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, bergotong royong dengan pemerintah pusat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, bukan dijadikan alat untuk manggung, ” tegas Made Baskara. Menurutnya masih sangat banyak kamar di setiap tower Wisma Atlet dan keberadaannya juga di ibukota Jakarta, bukan malah membuat tempat isolasi pasien sendiri yang malah akan merugikan generasi penerus bangsa.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply