PMII UMIKA Gelar Aksi di Depan Kantor Dinas DLH Kota Bekasi

banner 468x60

Bekasi, 10/ Juni/ 2022. Puluhan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Mitra Karya (UMIKA) Kota Bekasi, menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi. Mereka mempertanyakan kinerja yang dianggap kurang peka terhadap sejumlah isu lingkungan yang saat ini terjadi.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Mahasiswa di hari lingkungan hidup sedunia, serta menindak lanjuti kinerja Pemda Kota Bekasi pada isu-isu lingkungan.

Read More
banner 300x250

“Kegitan tersebut merupakan memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni kemarin. Mengingat permasalahan isu yang ada di kota Bekasi terkait lingkungan, tentu masih banyak kekurangan dan masih banyak PR dari dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Bekasi. Lanjut,” ujar Korlap Aksi, Muhamad Imron, Kota Bekasi (10/2022).

Masih banyak permasalahan terkait lingkungan yang ada di Kota Bekasi terutama sampah di mana dari 1.800 ton perhari sampah di kota Bekasi hanya 70% dan sisa nya 30% mengakibatkan banyak nya TPS-TPS ilegal di Kota bekasi.

Imron juga menjelaskan terkait pencemaran udara di Kota Bekasi, menurut data Air Quality Index (AQI) Kota Bekasi rata-rata mencapai angka 100-150 dan tergolong kategori udara yang tidak sehat. Ia juga selaku koordinator aksi (Korlap Aksi) menyebutkan, bahwa rusak nya polusi udara di kota Bekasi karna kurang nya ruang terbuka hijau (RTH) yang pada akhirnya mengakibatkan polusi udara kota Bekasi tercemar.

Mahasiswa Jurusan Teknik UMIKA juga mengungkapkan, tidak hanya sampah dan polusi udara saja. Tapi, masih banyak permasalahan lain seperti pencemaran aliran sungai yang di akibatkan oleh pembuangan limbah pabrik di Kota Bekasi.

“Masyarakat merasakan betul dampak dari lmbah tersebut, misalnya sesak napas, bau busuk, warna air keruh hingga berbuih. Maka dari itu, Pemda mesti menindak pencemaran lingkungan tersebut, karena membahayakan masyarakat sekitar,” kata Imron.

“Dengan adanya permasalan tersebut sehingga maki sebagai mahasiswa menggelar aksi demonstrasi untuk mengingatkan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi untuk segera berbenah dan memperbaiki lingkungan yang rusak tersebut.

Selain itu, Ketua Komisariat PMII Umika M. Rizky Yusa melanjutkan “Aksi ini di Gelar oleh Puluhan Mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Universitas Mitra Karya (PMII Umika), hasil dari kajian memperingati hari lingkungan hidup sedunia, serta menindak lanjuti terkait keresahan masyarakat yang diakibatkan oleh kurangnya perhatian pemerintah Kota Bekasi terhadap lingkungan yang ada di Kota Bekasi.”

Adapun tuntutan mahasiswa antara lain:

1. Mendesak dinas lingkungan hidup kota Bekasi Menertibkan TPS Ilegal yang ada di kota Bekasi

2. Mendesak dinas lingkungan hidup kota Bekasi agar segera menyediakan RUANG TERBUKA HIJAU sesuai dengan permen PU no 12 tahun 2009 tentang pedoman penyedia dan pemanpaatan ruang terbuka hijau non hijau di wilayah kota/kawasan perkotaan

3. Mendesak dinas lingkungan hidup kota Bekasi untuk menertibkan perusahaan yang membuang limbah sembarangan

4. Meminta dinas Lh untuk menindak tegas terhadap TPS ilegal yang ada di kota Bekasi yang di akibatkan 30% sampah yang tak terangkut ke TPS Bantar gebang

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply