Perbedaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan yang Autentik dan Yang Asli

Isi naskah proklamasi asli dan autentik, begini perbedaannya. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
banner 468x60

JAKARTA, Isi naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 02.00-04.00 dini hari. Kelak, ada dua bentuk naskah proklamasi yang kita kenal, yaitu naskah asli yang ditulis tangan oleh Soekarno dan naskah autentik yang sudah diketik Sayuti Melik.

Berikut isi naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan dan yang sudah diketik, seperti dikutip dari Mengenal Indonesia: Aku Cinta Indonesia, Tak Kenal Maka Tak Sayang oleh Boli Sabon Max:

Read More
banner 300x250

Isi Naskah Proklamasi Kemerdekaan Asli Tulis Tangan Soekarno

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 bangsa Indonesia.

Naskah Proklamasi Klad ini ditinggal begitu saja dan bahkan sempat masuk tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. B.M. Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.

Kelak, naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia tulisan tangan ini diserahkan pada Presiden Soeharto di Bina Graha pada 29 Mei 1992.

Isi Naskah Proklamasi Kemerdekaan Autentik Ketikan Sayuti Melik

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ’05

Atas nama bangsa Indonesia.

 Soekarno/Hatta.

(Tanda tangan Soekarno dan Mohammad Hatta)

Teks dengan isi naskah proklamasi kemerdekaan autentik inilah yang ditempatkan di Monumen Nasional.

Perbedaan Isi Naskah Proklamasi Asli dan Autentik

Sejumlah perubahan diterapkan pada isi naskah proklamasi autentik, seperti dikutip dari Hukum Tata Negara Indonesia oleh Fajlurrahman Jurdi:

Kata “Proklamasi” diubah menjadi “P R O K L A M A S I”

Kata “Hal2” diubah menjadi “Hal-hal”

Kata “tempoh” diubah menjadi “tempo”

Kata “Djakarta, 17 – 8 – ’05” diubah menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 9 tahoen 05″, dengan ’05 diambil dari tahun penanggalan Jepang 2605

Kata”Wakil2 bangsa Indonesia” diubah menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”

Isi naskah Proklamasi Klad adalah asli tulisan tangan oleh Ir. Soekarno sebagai pencatatan, didiktekan Drs. Mohammad Hatta, dan dirumuskan oleh Moh. Hatta bersama Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo

Isi naskah Proklamasi Otentik merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik, seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi

Naskah Proklamasi Klad atau tulisan asli Soekarno tidak ditandatangani, sedangkan pada naskah Proklamasi Otentik ditandatangani Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.

Pagi hari 17 Agustus 1945, isi naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia autentik dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56. Salah satu yang hadir di upacara tersebut yaitu Soewirjo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Proklamasi kemerdekaan disampaikan bersama pidato proklamasi singkat, disusul dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih.

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply