Peneliti CloudSEK Ingatkan Pengguna Android Trojan DogeRAT Berbahaya

Foto: worldnewsera
banner 468x60

JAKARTA, Peneliti CloudSEK mengidentifikasi kampanye malware canggih yang dikenal sebagai DogerAT (Remote Access Trojan). Kampanye ini dilakukan melalui pendistribusian aplikasi Android palsu yang dirancang agar terlihat seperti aplikasi yang sah.

DogeRAT adalah malware Android kompleks yang sebagian besar menyebar melalui media sosial dan platform perpesanan dengan kedok aplikasi yang sah seperti Opera Mini, OpenAI ChatGOT, dan versi Premium YouTube, Netflix, dan Instagram.

Saat menginfeksi perangkat, malware mencuri data pribadi, memberi penyerang akses jarak jauh ke perangkat yang terinfeksi, dan membombardir pengguna dengan iklan yang tidak diinginkan.

Selain itu, laporan tersebut menyebutkan bahwa malware DogeRAT juga dapat mengendalikan perangkat yang terinfeksi, memungkinkan tindakan jahat seperti mengirim pesan spam, melakukan pembayaran tidak sah, mengubah file, dan bahkan mengambil foto dari jarak jauh melalui kamera perangkat.

“Setelah diinstal pada perangkat korban, malware memperoleh akses tidak sah ke data sensitif, termasuk kontak, pesan, dan kredensial perbankan,” kata perusahaan keamanan siber CloudSEK dalam laporannya.

“Itu juga dapat mengendalikan perangkat yang terinfeksi, dan menggunakannya untuk mengirim spam, melakukan pembayaran yang tidak diinginkan, mengubah file, memeriksa log panggilan, sampai mengambil gambar menggunakan kamera depan dan belakang.”

Para peneliti juga menemukan bahwa pembuat DogerAT mempromosikannya melalui Saluran Telegram, menawarkan versi premium dengan kemampuan tambahan seperti tangkapan layar, pencurian gambar, keylogging, dan banyak lagi.

Para peneliti CloudSEK menyarankan penting untuk mengawasi malware DogeRAT dan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat melindungi ponsel Android kamu:

  • Hindari mengklik tautan yang tidak dikenal- Jika kamu menerima link atau lampiran dari seseorang yang tidak dikenal, jangan klik atau buka.
  • Selalu perbarui perangkat lunak – Instal pembaruan dan tambalan Android segera setelah disediakan oleh vendor perangkat. Peningkatan keamanan penting sering disertakan dalam pembaruan.
  • Manfaatkan solusi keamanan – Solusi keamanan yang solid dapat membantu melindungi perangkat dari malware dan bahaya lainnya.
  • Penipu menggunakan urgensi, ketakutan, dan keserakahan untuk membodohi korban. Hindari mengklik tautan atau membuka lampiran jika kamu tidak yakin tentang korespondensi atau penawaran.
  • Memahami malware dengan mempelajarinya akan membantu kamu mendeteksi dan menghindarinya.
  • Hindari aplikasi dari sumber, situs web, atau forum publik yang tidak terpercaya.
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply