Laptop Layar Transparan Pertama Di Dunia Di Pamerkan Oleh Lenovo

Foto: imboldn
banner 468x60

JAKARTA, Lenovo memamerkan sebuah laptop dengan layar transparan pertama di dunia dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Laptop tersebut bernama ThinkBook Transparent Display Laptop Concept, kehadirannya yang menunjukkan kemungkinan laptop masa depan.

ThinkBook Transparent Display Laptop Concept memiliki layar berukuran 17,3 inci yang menggunakan panel Micro-LED transparan. Layar ini dapat menawarkan tingkat transparansi hingga 55 persen saat pikselnya dimatikan, sehingga pengguna dapat melihat apa yang ada di belakang layar.

Read More
banner 300x250

Namun, saat pikselnya menyala, layar menjadi semakin tidak tembus pandang, hingga akhirnya menampilkan permukaan putih buram dengan kecerahan puncak 1.000 nits. Dengan demikian, pengguna dapat melihat tampilan di layar dengan lebih jelas, tapi masih bisa sedikit melihat yang ada di belakang layar.

ThinkBook Transparent Display Laptop Concept tidak memiliki keyboard fisik, melainkan sebuah panel layar sentuh seperti layar laptop pada umumnya. Panel tersebut kemudian menampilkan keyboard virtual. Karena mendukung layar sentuh, panel tersebut juga bisa digunakan untuk menggambar dengan stylus.

Salah satu ide besar Lenovo adalah ThinkBook Transparent Display Laptop Concept bisa berguna bagi seniman digital. Dengan laptop ini, seniman bisa membuat sketsa di laptop, tapi sambil tetap melihat objeknya secara langsung dari layar yang tembus pandang.

Layar transparan laptop ini juga dibekali fitur berteknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Idenya adalah menyisipkan AI di webcam laptop ini, sehingga bisa mengidentifikasi berbagai hal/benda, lalu menjawab pertanyaan pengguna soal hal/benda tersebut.

Misalnya, pengguna mengarahkan webcam ke menu di kafe dalam bahasa asing untuk menerjemahkan secara real-time. Bisa juga skenario lain, yakni merekam beberapa video dan kemudian meminta AI untuk menambahkan beberapa efek visual.

Lenovo mengatakan bahwa ThinkBook Transparent Display Laptop Concept adalah sebuah bukti konsep, dan belum ada rencana untuk menjualnya ke publik. Namun, Lenovo berharap bahwa laptop ini bisa menjadi inspirasi bagi pengembangan laptop di masa depan.

Dalam kesempatan ini, Lenovo juga memamerkan beberapa laptop bisnis terbaru dari lini ThinkPad dan ThinkBook, serta monitor portabel ThinkVision M14t Gen 2 di MWC 2024.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply