Kemana Arah Dukungan Jokowi? Ketua DPP PDIP Puan Maharani Bertanya-tanya

Foto: channel9
banner 468x60

JAKARTA, Arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2024 bikin Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertanya-tanya. Sebenarnya kemana kah arah dukungan Jokowi?

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengutarakan analisisnya. Ia menyebut pernyataan Puan tersebut adalah bentuk penegasan.

Read More
banner 300x250

“Pernyataan Puan ini sebenarnya ingin menegaskan kalau memang Jokowi di belakang mendukung Prabowo, mestinya harus terbuka sampaikan kepada partainya, PDIP,” ujar Adi kepada wartawan, Rabu (18/10/2023).

Karena bila tidak ada pernyataan tegas dari Jokowi, maka publik akan berspekulasi. Hal ini tentu akan dikait-kaitkan dengan suasana ketidakharmonisan di internal partai.

“Jadi pernyataan Puan itu mewakili pernyataan publik Jokowi ini ke siapa (condongnya)? Meski pada saat yang bersamaan publik ini tahu bahwa Jokowi memang lebih condong ke Prabowo ketimbang Ganjar. Itu tak bisa dibantah dan sudah menjadi rahasia umum,” imbuh Adi.

“Jadi pernyataan Puan itu adalah pernyataan diplomatik sebagai bentuk komunikasi politik untuk menghindari bahwa PDIP tahu banyak, PDIP tahu persis pilihan politik Jokowi meski sebenarnya PDIP tahu bahwa Jokowi sudah tidak lagi bisa diajak kerjasama dan seperti keyakinan publik bahwa pak Jokowi lebih banyak mendukung Prabowo Subianto ketimbang Ganjar,” lanjutnya,

Puan Bertanya-tanya

Sebelumnya, Puan Maharani mengaku juga ingin tahu apakah Jokowi masih mendukung Ganjar Pranowo pasca Menko Polhukam Mahfud Md dideklarasikan sebagai cawapres.

“Pertanyaannya harus ditanyakan Pak Jokowi bukan ke saya, jadi nanti ditanyakan ke Presiden kalau udah pulang masih dukung Pak Ganjar Pranowo atau punya pilihan lain,” kata Puan di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Puan menjawab soal arah dukungan Jokowi sekarang.

Puan mengaku tidak tahu ke mana Jokowi akan melabuhkan dukungan. Dia juga mengaku ingin tahu hal tersebut.

“Tolong ditanyakan, saya juga mau tanya jawabannya,” ucap Puan.(det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply