Ini Alasan Galaxy S24 Dipasangi AI, Bukan Karena ChatGPT

Foto; AP
banner 468x60

JAKARTA, Sejak ChatGPT diluncurkan untuk umum pada akhir 2022, semua orang seolah berlomba menghadirkan kecerdasan buatan atau AI pada produk maupun layanannya. Apakah Samsung mengikuti tren tersebut saat meluncurkan Galaxy AI belum lama ini?

YJ Kim, Executive Vice President (EVP) and Head of AI Team for Samsung Mobile eXpereince Business di sela-sela Galaxy Unpacked di San Jose, California, AS menampik kehadiran Galaxy AI mengikuti tren ChatGPT, bahkan pihaknya mengembangkan kecerdasan buatan sebelum OpenAI.

Read More
banner 300x250

“Kami tidak mengikuti tren ChatGPT. Samsung selalu berinovasi mencari cara bagaimana bisa memanfaatkan teknologi untuk konsumen sehingga mereka dapat mewujudkan nilai yang lebih baik,” ujarnya di Samsung Research America, Mountain View, California, AS.

Dicontohkan saat sebelum era internet dimulai, Samsung memungkinkan pengguna memakai ponsel untuk mengakses internet di mana pun. Contoh lainnya, Samsung memperkenalkan S Pen, selain tambahan untuk menyentuh layar, pengguna bisa menulis di layar dan hingga kini masih digunakan.

Dan sekarang, tegas Kim, saat yang tepat bagi Samsung untuk memanfaatkan AI bagi pengguna. Sehingga mereka menyadari dan menemukan nilai-nilai berbeda.

“Jadi kami percaya bahwa mulai saat ini AI tidak lagi hanya menjadi sesuatu yang diminati masyarakat tertentu. Sudah waktunya bagi kita untuk benar-benar menciptakan AI dalam produk dan layanan yang digunakan orang-orang dan benar-benar mewujudkan berbagai perubahan dalam kehidupan sehari-hari mereka,” papar Kim

“Jadi kami memulainya dengan Galaxy S24 untuk menciptakan tren baru ini, dan itulah yang terus kami kerjakan sepanjang pengembangan penelitian selanjutnya,” pungkas Kim.

Diberitakan sebelumnya sederet fitur AI disematkan pada Galaxy S24 series. Ada Live Translate yang dapat menerjemah syara dan teks secara realtime saat melakukan panggilan telepon konvensional.

Kemudian Chat Assist hadir membantu pengguna memperbaiki nada bicara di dalam teks untuk memastikan tiap pesan terdengar seperti yang kita maksud, baik saat mengirim chat ke rekan kerja ataupun ketika membuat konten di media sosial.

Galaxy S24 turut dibekali AI untuk editing foto. Salah satunya Generative Edit yang mampu mengisi bagian latar belakang gambar dengan AI generatif. AI bisa mengisi tepi-tepi pada gambar yang miring dan bisa menyesuaikan posisi objek di dalam foto sekaligus menghasilkan latar belakang yang menyatu sempurna di bagian yang kosong.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply