Hendrawan Supratikno Ungkap Kedekatan Megawati, Sri Mulyani Dan Retno

Foto: instagram
banner 468x60

JAKARTA, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah foto akrabnya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Politikus Senior PDIP, Hendrawan Supratikno mengungkap hubungan baik diantara ketiganya.

“Foto yang akrab dan mengesankan. Foto demikian hanya lahir dari spontanitas persahabatan,” kata Hendrawan kepada wartawan, Minggu (14/4/2024).

Read More
banner 300x250

Hendrawan mengatakan, Megawati pun beberapa kali menyebut nama Sri Mulyani dan Retno. Sri Mulyani pun sempat mengisi materi di acara PDIP.

“Hubungan mereka bertiga dekat. Dalam acara partai, beberapa kali Bu Mega menyebut nama SMI, dan Retno Marsudi. Ini kategori menteri yang dinilai profesional dan mengutamakan integritas dalam menjalankan tugas. SMI pernah memberi pemaparan pada Raker Fraksi PDIP-P di Racamaya, Sukabumi,” katanya.

Diketahui, baik Sri Mulyani maupun Retno Marsudi bukanlah kader PDI Perjuangan. Hendrawan pun tak mengetahui kemungkinan Sri Mulyani ataupun Retno akan bergabung dengan PDIP. “Soal ini saya tidak tahu, keanggotan partai sifatnya sukarela,” katanya.

Meski begitu, Hendrawan menyatakan partainya menghargai kinerja tokoh atau pejabat non kader yang berprestasi.

“Kami sangat menghargai mereka yang bekerja konsisten berdasar kompetensi keilmuan dan dijiwai spirit konstitusi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan keluarga,” katanya.

Sri Mulyani Unggah Foto Akrab dengan Mega-Retno

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah foto keakraban dengan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersilaturahmi ke rumah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat lebaran.

Momen penuh tawa mengiringi pertemuan tersebut.

Ada beberapa foto yang diunggah Sri Mulyani dalam akun Instagramnya pada Minggu (14/4/2024). Dalam foto-foto itu mereka tampak saling lihat busana lebaran yang mereka pakai.

Tanggapan Stafsus Sri Mulyani

Staf Khusus Sri Mulyani, Prastowo Yustinus menepis adanya anggapan politis di balik unggahan momen akrab Sri Mulyani bersama Menlu Retno Marsudi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Prastowo menilai momen tersebut wajar di tengah suasana lebaran.

“Bu SMI (Sri Mulyani) mengunggah momen bersama Presiden Jokowi, Pak Prabowo, dan Bu Mega, selain dengan Pak Basuki dan jajaran internal Kemenkeu. Tentu ini hal yang wajar dalam suasana lebaran. Terlebih memang memiliki hubungan yang baik dengan para tokoh itu,” kata Prastowo kepada wartawan, Minggu (14/4/2024).

Prastowo memahami adanya anggapan berbeda di balik postingan bersama Megawati. Namun, menurutnya, ketiganya memiliki kesamaan sebagai tokoh perempuan yang terlibat dalam urusan publik sehingga ada perasaan mendalam.

“Hal yang mungkin terasa beda dan ada penekanan lebih kuat adalah kesamaan sebagai sesama perempuan yang banyak terlibat dalam urusan publik. Tentu dapat berbagi perasaan lebih mendalam,” ujarnya.

Prastowo menekankan tak ada makna politik di balik postingan tersebut. Ia memastikan Sri Mulyani tetap fokus bekerja di pemerintahan sebagai profesional.

“Bu SMI adalah seorang profesional yang fokus bekerja untuk kepentingan publik sesuai tugas dan tanggung jawab mengelola keuangan negara dan sebagai bendahara negara,” ujarnya.

“Panggilan politik Bu SMI sebagai Menkeu adalah politik kenegaraan yang mengabdi pada kebaikan bersama,” lanjut Prastowo. (det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply