Fitur Expiring Groups WhatsApp Bisa Atur Tanggal Kedaluwarsa

banner 468x60

JAKARTA, WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang akan memudahkan pengguna mengelola grup. Fitur baru itu bernama ‘Expiring Groups’ yang memungkinkan pengguna mengatur tanggal kedaluwarsa untuk grup.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk iOS versi 23.5.0.70. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan jadi belum bisa dijajal oleh beta tester.

Read More
banner 300x250

Menurut secreenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, fitur Expiring Groups dapat diakses di dalam info grup. Lewat pengaturan ini, pengguna bisa mengatur masa kedaluwarsa grup, mulai dari satu hari, satu minggu, atau tanggal custom sesuai keinginan.

Setelah melewati tanggal kedaluwarsa yang ditetapkan, pengguna akan mendapat notifikasi untuk menghapus grup. Pengguna juga bisa membatalkan tanggal kedaluwarsa yang sudah diatur jika berubah pikiran.

WABetaInfo menekankan tanggal kedaluwarsa ini sifatnya personal jadi tidak akan berlaku untuk anggota grup lainnya. Artinya, grup akan tetap aktif meski ditinggal pengguna yang mengaktifkan Expiring Groups dan anggota lainnya tetap akan bergabung di dalamnya, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (9/3/2023).

WABetaInfo mengatakan fitur baru ini akan memberikan beberapa manfaat bagi pengguna WhatsApp. Salah satunya, pengguna bisa menghemat ruang penyimpanan karena bisa mengelola grup yang diikuti dengan lebih gampang.

Selain itu, fitur ini akan bermanfaat bagi pengguna WhatsApp yang sering membuat grup baru untuk merencanakan sesuatu, misalnya pesta ulang tahun atau liburan. Setelah event selesai, grup itu tidak lagi dipakai, tapi akan tetap aktif sampai admin grup menghapusnya atau ditinggal semua anggota. Dengan fitur ini, pengguna jadi bisa bersih-bersih grup lawas dengan mudah.

Saat ini opsi untuk mengatur tanggal kedaluwarsa di grup WhatsApp masih dalam tahap pengembangan. Setelah itu fitur ini akan diuji coba secara beta, dan dirilis secara publik kalau sudah siap.

Tak hanya fitur Expiring Groups, WhatsApp juga sedang menyiapkan fitur baru yang memudahkan pengguna menghindari telepon spam. Fitur baru itu memungkinkan pengguna mendiamkan panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply