Erick Thohir Menteri Terbaik Versi Netizen di Akhir 2022

Tangkapan layar Menteri BUMN Erick Thohir bersama Dirjen Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim. Foto: Kementerian BUMN
banner 468x60

JAKARTA, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju versi netizen pada penghujung 2022 berdasarkan monitoring yang dilakukan MediaWave selama periode 1-31 Desember 2022.

Keterangan tertulis MediaWave yang diterima di Jakarta, Kamis, menyatakan Mediawave melakukan monitoring dan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Read More
banner 300x250

Dari data percakapan tersebut, MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif, dan sentimen netral, yang kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan Earned Media Share of Sentiment atau yang disingkat dengan EMSS.

Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. Semakin besar persentase EMSS seorang menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi. Dari hasil analisis, Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan angka EMSS 23,11 persen dengan total percakapan 220.518.

“Top isu yang dibicarakan antara lain Menteri BUMN menerima penghargaan sebagai menteri terbaik dalam CNBC Indonesia Awards 2022,” sebut siaran pers itu.

Posisi kedua ditempati Menteri Sosial Tri Rismaharni dengan nilai EMSS 2,67 persen dan total percakapan 8.750. Top isu yag dibicarakan tentang Tri Rismaharini antara lain Mensos Risma menerima penghargaan Moeslim Choice Award 2022 dari Grup Media Moeslimchoice atas keberhasilan perbaikan tata kelola penyaluran bansos lebih tepat sasaran.

Posisi ketiga dihuni Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto dengan nilai EMSS 1,82 persen dan total percakapan 4.423. Top isu yang dibicarakan antara lain Menteri ATR Hadi Tjahjanto berpesan kepada masyarakat untuk menjaga sertifikat yang didapatkan agar aman dari ancaman mafia tanah.

Posisi keempat menjadi milik Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan nilai EMSS 1,39 persen dan total percakapan 6.284. Top isu yang dibicarakan antara lain upaya Menteri Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis di setiap rumah sakit umum daerah (RSUD).

Posisi kelima ditempati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan nilai EMSS 1,34 persen dan total percakapan 76.585. Top isu yang dibicarakan antara lain Menhan Prabowo meresmikan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Prancis.

Pemeringkatan menggunakan metode EMSS yang dapat dijadikan indikator capaian serta penerimaan atas kinerja institusi maupun pejabat publik.

Tingginya EMSS Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan serangkaian capaian program kerja yang berhasil dituntaskan selama paruh tahun 2022. Selain itu, pemberitaan melalui media online dan sosialisasi media sosial Erick Thohir yang beragam menunjukkan prestasi yang jauh melampaui portofolio kementerian.

Poin penting lain dari pengukuran ini memperlihatkan penerimaan dan apresiasi publik atas kinerja para pejabat publik dan kelima menteri memperoleh sentimen positif.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply