Snapdragon Satellite Untuk Android Siap Saingi Teknologi Satelit Apple

FOTO : FORBES/ANSHEL SAG
banner 468x60

JAKARTA, Ponsel Android generasi mendatang akan memiliki fitur teknologi satelit yang mampu bersaing dengan Apple. Teknologi bernama Snapdragon Satellite ini memungkinkan pengguna ponsel untuk melakukan beberapa bentuk komunikasi melalui koneksi satelit.

Apple sudah menyematkan teknologi satelit ke dalam rangkaian iPhone 14. Dengan adanya teknologi ini, pengguna ponsel pintar iPhone 14 dapat berkirim pesan dengan koneksi satelit melalui layanan “Emergency Text via Satellite”.

Mirip seperti layanan tersebut, Snapdragon Satellite juga akan memungkinkan pengguna ponsel Android untuk berkomunikasi meski berada di luar jangkauan jaringan. Salah satu bentuk komunikasi yang bisa dilakukan adalah berkirim pesan singkat.

Selain berkirim pesan singkat, Snapdragon Satellite juga dapat digunakan untuk berbagi lokasi. Fitur berbagi lokasi ini dapat membuat pengguna ditemukan dengan cepat bila berada dalam kondisi darurat.

Seperti dilansir Express, Snapdragon Satellite dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Qualcomm. Qualcomm mengungkapkan bahwa teknologi mereka merupakan teknologi satelit dua arah pertama di dunia.

Teknologi ini, lanjut Qualcomm, bisa menjadi solusi berkirim pesan untuk berbagai ponsel pintar. Oleh karena itu,Qualcomm berharap teknologi ini tak hanya dapat membantu para pengguna Android dalam situasi darurat, tetapi juga kondisi lain, seperti saat sedang berada di area terisolasi.

Ponsel apa saja?

Dalam gelaran Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Qualcomm mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja dengan beberapa perusahaan gawai untuk menghadirkan Snapdragon Satellite kepada pengguna ponsel Android. Beberapa perusahaan tersebut adalah Honor, Motorola, Nothing, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

“(Snapdragon Satellite) memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk berkomunikasi di luar ruangan dengan penyedia layanan darurat, dan juga dengan keluarga serta teman,” ujar Vice President of Product Management Qualcomm Technologies Inc, Francesco Grilli.

Qualcomm belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kemungkinan Snapdragon Satellite hadir sebagai layanan gratis atau berbayar. Bila berkaca pada Apple, para pengguna iPhone 14 bisa menggunakan layanan “Emergency Text via Satellite” secara gratis selama dua tahun. Selanjutnya, layanan ini bisa didapatkan melalui sistem berbayar. 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply