Safkan Health Kembangkan Inovasi Headphone Pembersih Telinga

Foto : inhilklik
banner 468x60

JAKARTA, Perusahaan Safkan Health telah mengembangkan sebuah inovasi pembersih telinga baru yang lebih aman dibandingkan korek kuping. Yang tak kalah unik, inovasi terbaru dari mereka ini hadir dalam bentuk menyerupai headphone.

Secara umum, keberadaan serumen atau ear wax di telinga memiliki beragam manfaat. Ini sebenarnya merupakan cairan alami yang berfungsi melapisi dan melindungi saluran telinga. 

Manfaat lain di antaranya adalah memerangkap kotoran, debu, hingga kuman agar tak masuk ke area telinga yang lebih dalam. Serumen juga berperan penting dalam melindungi kulit di liang telinga.

Namun, beragam manfaat ini bisa berbalik menjadi masalah bila serumen di dalam telinga menumpuk secara berlebihan. Faktanya, impaksi serumen merupakan salah satu hal paling umum yang menyebabkan penurunan atau kehilangan pendengaran. Impaksi telinga terjadi ketika serumen berlebih di dalam telinga menumpuk dan menutupi liang telinga.

Sebagian orang biasanya membersihkan serumen yang menumpuk dengan alat korek kuping. Meski praktik ini cukup umum, penggunaan alat korek kuping untuk membersihkan telinga sebenarnya tak direkomendasikan. Alasannya, aktivitas mengorek kuping justru bisa memperberat masalah.

Kondisi ini yang mendorong Safkan Health untuk mengembangkan sebuah inovasi terbaru dalam membersihkan telinga. Inovasi ini hadir dalam bentuk “mesin cuci” untuk telinga bernama OtoSet Ear Cleaning System.

Berbeda dengan produk pembersih telinga lain, OtoSet Ear Cleaning System memiliki bentuk yang mirip seperti headphone sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, OtoSet Ear Cleaning System juga dirancang secara khusus agar proses pembersihan telinga tidak berantakan.

Meski mudah dioperasikan, OtoSet Ear Cleaning System merupakan alat yang sudah mendapatkan persetujuan FDA untuk dioperasikan oleh tenaga kesehatan. Jadi, orang awam tak diperkenankan untuk menggunakan alat ini sendiri di rumah.

Seperti halnya headphone, OtoSet Ear Cleaning System memiliki dua bantalan telinga di sisi kanan dan kiri. Masing-masing bantalan telinga ini dilengkapi dengan dua bilik bening.

Bilik bagian atas berfungsi untuk menampung cairan pembersih telinga. Sedangkan bilik bagian bawah berfungsi untuk menampung  cairan pembersih telinga yang sudah digunakan beserta kotoran-kotoran telinga.

Alat ini bisa dioperasikan tanpa harus dihubungkan ke ponsel pintar. Selain itu, selama dioperasikan, OtoSet Ear Cleaning System juga tak mengeluarkan suara yang mengganggu. Pengguna atau pasien hanya akan mendengar suara aliran air dan sedikit dengungan saat proses penyedotan cairan dilakukan.

Untuk menggunakan alat ini, tenaga kesehatan perlu mengisi bilik bagian atas pada bantalan telinga dengan cairan pembersih telinga. Setelah itu, tenaga kesehatan akan memakaikan OtoSet Ear Cleaning System kepada pasien dengan posisi seperti sedang memakai headphone biasa.

Setelah alat dinyalakan, cairan pembersih telinga yang ada di bilik atas akan mengalir ke dalam liang telinga pasien. Di dalam telinga, cairan pembersih telinga akan membersihkan serta memecah serumen.

Selanjutnya, cairan pembersih telinga dan kotoran telinga akan tersedot keluar telinga dan masuk ke dalam bilik bagian bawah dari OtoSet Ear Cleaning System. Bilik bagian bawah ini bisa dibuang setelah digunakan. Pasien tak perlu khawatir mengenai masalah sampah, karena bilik bagian bawah ini terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply