Erick Thohir Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Pelatih Timnas U17

Foto: De Volkskrant-De Volkskrant
banner 468x60

, Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Solo, Minggu, mengumumkan organisasinya resmi menunjuk Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih untuk timnas U-17.

Dalam keterangan resmi PSSI, Wormuth yang berasal dari Jerman itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim MerahPutih saat berkompetisi di Piala Dunia U-17 pada November.

Read More
banner 300x250

“Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu empat bulan hingga ajang FIFA World Cup U-17.

Kita akan lihat bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda ini,” ujar Erick seperti dikutip dari laman resmi PSSI. Selama menjalani kontrak kerjanya tersebut, Frank akan menata program untuk membangun timnas U-17.

Tanggung jawab Frank meliputi analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats), membentuk staf kepelatihan dan staf yang solid, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan dan implementasi program, serta melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap modul yang dijalankan tim pelatih U-17.

“Penunjukan Frank juga didasari oleh rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga pelatih,” papar Erick.

Frank Wormuth diketahui telah lama malang-melintang di dunia kepelatihan setelah gantung sepatu sebagai pemain sepak bola.

Selama bermain pada era 1980 sampai 1990-an, Wormuth pernah berseragam sejumlah klub Jerman yakni Freiburg, Hertha Berlin, dan Freiburger.

Ia kemudian mulai menjajal karier kepelatihan dengan status pemain-pelatih di FV Nimburg dan FC Teningen pada periode 1993 sampai 1998. Setelah itu Wormuth cukup sering berganti klub untuk diarsiteki.

Ia sempat melatih Union Berlin dan dua klub Belanda yakni Heracles dan Groningen. Selain itu di level timnas kelompok umur, Wormuth juga pernah menangani timnas Jerman U-20 pada 2010 sampai 2016.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply