Bina Adwil Gelar Workshop Pengembangan Dashboard Kecamatan Penguatan Camat 

banner 468x60

Edy menjelaskan P3PD Sub Komponen 1D sebagai pilot akan mengembangkan tiga kegiatan utama

JAKARTA, Plh. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Drs. Edy Suharmanto, M.Si, membuka Workshop Pengembangan Dashboard Kecamatan pada program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Sub Komponen 1D yang diselenggarakan pada 25-27 Oktober 2023 di Jakarta.

Read More
banner 300x250

“Workshop ini dilaksanakan untuk mendiseminasikan konsep Dashboard Kecamatan sebagai tool camat dalam melakukan fasilitasi pemenuhan layanan dasar di desa melalui kualitas belanja Pemerintah Desa dan sinkronisasi dengan rencana pembangunan Pemerintah Daerah dan pengembangan lebih lanjut konsep Dashboard Kecamatan” kata Edy, Rabu (26/10/2023).

Edy menuturkan tool yang dikembangkan ini dapat membantu kecamatan dalam dalam melakukan analisis persoalan layanan dasar di desa sekaligus langkah-langkah konkrit penyelesaiannya oleh camat, baik itu ke pemerintah desa maupun kepada pemerintah kabupaten/kota dalam kedudukannya sebagai hub antara desa dan pemerintah daerah berbasis data tematik dalam sistem sudah dikembangkan di desa.

Disebutkan workshop ini untuk menyempurnakan dan mengembangkan kerangka kebijakan dalam menguatkan camat melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah tematik sehingga persoalan layanan dasar di desa dapat difasilitasi pemenuhannya melalui konsep bertemunya demand and suplay dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Pengembangan Dashboard Kecamatan merupakan langkah penting memperkuat posisi kecamatan untuk menjalankan tugas dan fungsinya melalui kegiatan pembinaan dan pengawasan untuk menyinergikan konsepsi pembangunan berdasarkan prakarsa dan masyarakat (bottom-up) dengan program/kegiatan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga menghasilkan keseimbangan antara demand dan supply pelayanan dasar di perdesaan,” terangnya.

Edy menjelaskan P3PD Sub Komponen 1D sebagai pilot akan mengembangkan tiga kegiatan utama yaitu mengembangkan kerangka akuntabilitas dari sisi permintaan. Kedua, mengembangkan kerangka koordinasi dan tanggapan, dan ketiga pengembangan portal berbasis web.

“Nah Guna mendukung pelaksaan tiga agenda dimaksud dikembangkan panduan program dan dashboard kecamatan,” pungkasnya.

Kegiatan ini mengundang peserta dari Sekretaris Daerah dari 10 provinsi dan Sekretaris Daerah dari 60 kabupaten, 71 Peserta Workshop Pusat, dan narasumber dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda, Kemenko PMK, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Desa Tertinggal, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri, Plh. Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama, Raziras Rahmadillah, S.STP., M.A.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply