Rumor Terbaru iPhone 15 Pro, Pakai Chip A17 Bionic dan Teknologi Wi-Fi 6E

Ilustrasi. Foto : MacRumors
banner 468x60

JAKARTA, iPhone 15 Pro memang belum dirilis oleh Apple secara resmi. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu masih fokus dalam menjual seri iPhone 14 di pasaran.

Namun, belakangan ini rumor iPhone 15 Pro semakin berhembus kencang. Bahkan menurut beberapa pengamat, sejumlah bocoran tersebut diyakini bakal diaplikasikan pada seri iPhone terbaru itu.

Read More
banner 300x250

Kabarnya, fitur baru di iPhone 15 Pro ini juga akan dipakai pada seri Pro Max-nya, yang mana harganya sedikit lebih mahal. Sementara untuk seri iPhone 15 biasa, belum ada rumor terbaru hingga saat ini.

Lantas, apa saja rumor terbaru pada iPhone 15 Pro? Simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Rumor iPhone 15 Pro Terbaru

Dilansir situs MacRumors, setidaknya ada 10 rumor terbaru mengenai fitur-fitur yang bakal diusung pada iPhone 15 Pro. Penasaran apa saja rumor tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Pakai Chip A17

Seri iPhone 15 Pro dikabarkan bakal menggunakan chip terbaru dari Apple, yakni A17 Bionic. Chip ini mengusung fabrikasi 3 nm TSMC yang diprediksi akan lebih cepat dan efisien untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, untuk iPhone 15 dan 15 Plus rumornya akan menggunakan chip A16 Bionic, yang mana telah dipakai pada model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

2. Menggunakan Titanium

Agar semakin terlihat mewah, Apple akan menggunakan bingkai titanium pada seri iPhone 15 Pro, sehingga bukan baja tahan karat lagi. Bingkai titanium sendiri sudah disematkan pada lini produk Apple lainnya, yaitu Apple Watch Ultra.

3. Bezel Tipis

Seri iPhone 15 dan 15 Pro Max diprediksi akan memiliki bezel yang lebih tipis dan sedikit melengkung dibandingkan iPhone 14 Pro. Hal ini tentu akan menambah kepuasan para user saat melihat layar iPhone.

4. Pakai Port USB-C

Rumor yang satu ini bisa dibilang paling yang ditunggu-tunggu oleh user Apple di seluruh dunia, di mana iPhone 15 Pro kabarnya akan mengusung port USB-C, sehingga sudah tidak menggunakan port USB Lightning.

Port USB-C pada iPhone 15 Pro sudah mengusung USB 3.2 atau Thunderbolt 3. Menurut analis Ming-Chi Kuo, fitur ini dapat meningkatkan proses transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan iPhone yang masih mengusung kabel Lightning.

Lebih lanjut, Ming Chi-Kuo memprediksi kalau model iPhone 15 dan 15 Plus juga mengusung USB-C, namun masih menggunakan USB 2.0 yang kecepatannya sama seperti Lightning.

5. Teknologi Wi-Fi 6E

Menurut rumor terbaru, seri iPhone 15 Pro telah mendukung Wi-Fi 6E untuk menunjang kecepatan nirkabel yang lebih ngebut. Sebelumnya, Apple telah menerapkan teknologi Wi-Fi 6E di Mac dan iPad Pro.

6. RAM Lebih Besar

Seri iPhone 15 Pro kabarnya bakal mendapat pengikatan di kapasitas RAM-nya menjadi 8 GB RAM. Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro menggunakan RAM berkapasitas 6 GB.

Menurut perusahaan riset asal Taiwan, Trend Force, pada model iPhone 15 dan 15 Plus kemungkinan akan tetap menggunakan 6 GB RAM.

7. Punya Warna Baru

Tak hanya membawa sejumlah spesifikasi mumpuni, iPhone 15 Pro dikabarkan juga bakal mengusung warna baru. Dilansir 9toMac, Apple berencana akan merilis warna baru pada model iPhone 15 Pro, yaitu Dark Red.

8. Optical Zoom yang Lebih Mumpuni

Menurut Ming Chi-Kuo, Apple kabarnya akan mengusung lensa telefoto terbaru yang bisa melakukan optical zoom hingga 6 kali. Sebagai perbandingan, di iPhone 14 Pro fitur optical zoom juga tersedia, namun hanya sampai 3 kali saja.

9. Tombol Solid-state

Apple diyakini akan meluncurkan sebuah inovasi terbaru pada model iPhone 15 Pro, yakni tombol solid-state. Nantinya, tombol untuk menaikkan dan menurunkan volume akan menyatu sehingga tidak terpisah seperti sebelumnya.

Sementara itu, tombol mute juga akan memiliki perubahan bentuk. Sebelumnya tombol mute khas Apple adalah model switch, yang bisa digeser ke atas dan bawah. Namun di iPhone 15 Pro, kini diubah menjadi tombol biasa.

Dengan begitu, maka Apple tak lagi menggunakan tombol fisik yang bisa bergerak di iPhone 15 Pro. Jadi, seluruh tombol tersebut akan memberikan feeback haptic menggunakan Taptic Engines. Fitur ini sudah digunakan lebih dahulu pada model iPhone 7 dan 8, yakni di bagian home button.

10. Mengusung eSIM di Luar AS

Rumor yang terakhir, Apple berencana akan meluncurkan iPhone 15 Pro dengan format eSIM di luar AS, tepatnya di Prancis. Sebelumnya, Apple telah menghilangkan slot SIM card pada model iPhone 14 yang dirilis di AS, sehingga penggunanya harus menggunakan eSIM.

Nah, itu dia pembahasan mengenai rumor iPhone 15 Pro terbaru. Soal kapan smartphone ini diluncurkan masih belum ada titik terang, namun diprediksi akan dirilis pada September 2023 mendatang.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply