Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Timor Leste Xanana Gusmao Di Istana Bogor

Foto: biro pers sekretariat presiden
banner 468x60

JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Suasana penyambutan berlangsung akrab dan khidmat.

Adapun upacara penyambutan Xanana Gusmao berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (26/1/2024)) pukul 09.00 WIB. Penyambutan dilakukan sejak mobil yang ditumpangi Xanana Gusmao memasuki gerbang Istana Bogor.

Read More
banner 300x250

Iringan marching band menyambut kedatangan Xanana Gusmao. Ada juga tarian hingga kelompok yang memakai baju tradisional dengan memegang bendera Indonesia dan Timor Leste.

Turun dari mobil, Xanana Gusmao disambut langsung oleh Jokowi. Setelah itu, Jokowi dan Xanana Gusmao berjalan ke halaman depan Istana. Kedua pemimpin negara itu menyaksikan upacara penyambutan kunjungan kenegaraan.

Lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan di momen tersebut. Dentuman meriam sebanyak 19 kali turut meramaikan upacara penyambutan. Setelah itu keduanya berkeliling melihat upacara penyambutan.

Saat kembali ke dalam istana, Jokowi dan Xanana Gusmao sempat berbincang di halaman beberapa saat. Keduanya saling berbicara. Tampak momen akrab saat mereka berbincang.

Jokowi dan Xanana Gusmao kemudian saling mengenalkan delegasi dari negara masing-masing di halaman Istana.

Terlihat hadir mendampingi Menlu Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Mendagri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir.

Selanjutnya, Jokowi dan Xanana Gusmao masuk ke dalam Istana. Keduanya melakukan sesi foto bersama.

Xanana Gusmao lalu mengisi buku tamu dan diajak Jokowi berjalan ke Beranda Istana Bogor. Keduanya masuk ke dalam istana untuk melakukan pertemuan disusul delegasi masing-masing negara.

Setelah pengisian buku tamu, Jokowi dan Xanana melakukan penanaman pohon. Pohon yang ditanam adalah pohon Merawan. Untuk diketahui, kegiatan penanaman pohon selalu dilakukan setiap Jokowi menerima kenegaraan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply