“Portable Cold Storage” di Pelabuhan Pekalongan

banner 468x60

JAKARTA, Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) bekerja sama dengan PT DS Solutions Internasional untuk meresmikan portable cold storage di Pelabuhan Perikanan Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa.

“Kerja sama ini sebagai upaya kami untuk menguatkan bisnis pelabuhan perikanan,” ujar Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit dalam keterangan resmi yang di terima di Jakarta, Selasa.

Farida mengatakan bahwa Perum Perindo terus berupaya menguatkan bisnisnya. Salah satunya bisnis kepelabuhanan berupa portable cold storage yang bekerja sama dengan PT DS Solutions International. Di lini bisnis ini, Perum Perindo sudah memiliki fasilitas docking, pengolahan ikan, dan cold storage existing.

Sedangkan Direktur Operasional Perum Perindo Arief Goentoro menyampaikan bahwa adanya sarana portable cold storage ini merupakan keseriusan Perum Perindo dalam menerapkan rantai dingin hasil perikanan.

“Faktor penting bisnis perikanan selain optimalisasi sarana di pelabuhan perikanan, kualitas ikan hasil tangkapan juga kami jaga dengan menerapkan sistem rantai dingin,” kata Arief.

Diakuinya, sarana portable cold storage tersebut memang perdana bagi Perum Perindo, dan optimistis hal itu dapat mendukung peningkatan kinerja perusahaan.

Jika ini berhasil diterapkan di Pekalongan, tambah Arief, kemungkinan dapat diterapkan juga secara berkelanjutan di beberapa pelabuhan perikanan lain yang dioperasionalkan Perum Perindo.

Hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan kesegaran ikan. Portable cold storage adalah faktor penting dalam bisnis perikanan karena berperan dalam mempertahankan mutu hasil tangkapan ikan yang diserap dari para nelayan.

Sebelumnya PT DS Solutions Internasional dan Perum Perindo telah uji coba portable cold storage asal Denmark ini di Pelabuhan Perikanan Muara Baru Jakarta.

Hasil percobaan terbukti mampu menghemat daya listrik 54-57 persen dibandingkan dengan cold storage existing yang dimiliki oleh Perum Perindo. Bagi Perum Perindo, keuntungan ini dapat meningkatkan efisensi biaya operasional di area Pelabuhan Perikanan Pekalongan. (ant)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply