Pengguna iPhone Kesal Dengan Fitur Baru Clean Energy Charging

Ilustrasi. Foto : 9to5mac
banner 468x60

YOGYAKARTA, iPhone baru saja memperkenalkan fitur baru ‘Clean Energy Charging’ setelah update iOS 16.1 pada 24 Oktober 2022. Namun fitur ini bikin kesal sebagian penggunanya.

Dilansir dari New York Post, Rabu (1/3/2023), Apple mengklaim bahwa ketika mode diaktifkan serta ponsel di-charge, iPhone akan mendapat data emisi karbon dari jaringan lokal dan mempelajari kapan waktu yang tepat untuk mengisi daya telepon.

Read More
banner 300x250

Salah seorang pengguna Twitter menyampaikan keluhan kepada pengguna Twitter yang lain ketika mengetahui bahwa iPhone-nya saat melakukan isi daya menjadi sedikit lambat. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh fitur baru yakni ‘Clean Energy Charging’.

Keadaan tersebut membuat para pengguna heboh dan risau. Mereka berkicau di Twitter mengenai fitur baru ini dan ingin mencari cara untuk mematikan fitur ‘Clean Energy Charging’. Fitur tersebut dinilai kurang mumpuni dan bikin kesal para pengguna, karena membuat baterai iPhone lebih lama penuhnya.

Seorang pengguna mengklaim dia tidak peduli dengan jejak emisi karbon. Sementara, pengguna yang lain ingin mengetahui apakah pengguna bisa memilih sumber listrik batu bara atau diesel untuk mengisi daya ponsel mereka.

Pengguna iPhone yang lain melihat masalah ini sebagai momen eureka. Mereka akhirnya mendapatkan jawaban kenapa mengisi daya pada iPhone baru-baru ini menjadi lebih lambat dan membuat pengguna kesal.

Tetapi, ada beberapa pengguna lain menyebutkan bahwa ketika mereka mematikan fitur tersebut, Apple akan membantu mengurangi jejak karbon atau usia baterai secara kimiawi saat dinonaktifkan. Salah seorang pengguna di Inggris mengatakan bahwa fitur tersebut tidak tersedia di iPhone mereka. Saat ini fitur tersebut tersedia di AS dan diaplikasikan ke posisi aktif secara default.

Apabila pengguna menjumpai iPhone mengisi daya sedikit lebih lambat, kemungkinan itu disebabkan karena adanya pengaturan baru yang ditambahkan Apple di iOS 16.1 yakni ‘Clean Energy Charging.’ Dengan mengaktifkannya, iOS hanya akan mengisi daya iPhone ketika jaringan listrik menggunakan sumber energi yang lebih bersih seperti matahari atau angin.

Untuk menonaktifkan fitur tersebut, caranya adalah pengguna harus masuk ke pengaturan iPhone, lalu pilih ‘Battery Health & Charging,’ kemudian matikan ‘Clean Energy Charging’. Mode tersebut bisa bekerja sama dengan pengisian daya yang dioptimalkan, karena Apple mempelajari kebiasaan pengisian daya pengguna.

Pengguna akan menghabiskan sebagian besar waktunya dan secara teratur untuk mengisi daya iPhone mereka dengan waktu yang lama. Apple menyebutkan bahwa fitur tersebut tidak terlibat saat kebiasaan pengisian daya bervariasi atau ketika pengguna sedang berpergian.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply