Larry Ellison Ungguli Bill Gates, Orang Terkaya Versi Bloomberg

Foto: Tony Avelar/Bloomberg
banner 468x60

JAKARTA, Posisi Bill Gates sebagai orang terkaya ke-4 di dunia disalip oleh Larry Ellison, co-founder Oracle, yang juga punya saham di Tesla.

Ellison, dalam Bloomberg Billionaires Index, kini tercatat mempunyai kekayaan USD 130 miliar, unggul tipis dibanding Gates yang kekayaannya USD 129 miliar.

Read More
banner 300x250

Ini adalah pertama kalinya Ellison masuk ke dalam daftar lima besar orang terkaya versi Bloomberg. Juga pertama kalinya kekayaannya menyalip pendiri Microsoft tersebut.

Oracle pertama didirikan oleh Ellison bersama Bob Miner dan Ed Oates pada 1977. Saat itu namanya bukan Oracle, melainkan Software Development Laboratories (SDL). Namanya baru berubah menjadi Oracle Systems Corporation pada 1983.

Ellison adalah CEO Oracle hingga 2014 sebelum akhirnya mundur dari posisi tersebut. Namun ia tetap aktif di Oracle sebagai executive chairman dan chief technology officer. Melesatnya kekayaan Ellison ini terbantu dari perkembangan AI yang belakangan menjadi sangat populer.

Nilai saham Oracle naik lebih dari 41% pada tahun ini berkat perkembangan AI. Dan Ellison adalah pemilik saham terbesar Oracle, yang berdasarkan catatan US Securities and Exchange Commission memegang 42,9% saham outstanding Oracle.

Selain Oracle, Ellison pun tercatat punya saham 1,5% di Tesla, yang selama 2023 ini mencatatkan kinerja keuangan yang bagus. Saham Tesla naik lebih dari 135% dan saat ini dijual dengan harga USD 258,15 per lembar saham.

Delapan dari 10 orang terkaya di dunia versi Bloomberg meraup kekayaannya dari sektor teknologi. Selain Ellison ada Elon Musk (yang punya 23,5% saham di Tesla), Gates, pendiri Amazon Jeff Bezos, mantan CEO Microsoft Steve Ballmer, pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, dan tentunya pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Dua orang lain di daftar ini adalah Bernard Arnault dan Warren Buffett.

Seandainya Gates tak terlalu dermawan, mungkin ia akan menjadi pemuncak daftar ini. Pasalnya tahun 2022 saja ia mendonasikan USD 5 miliar dari kekayaannya untuk Bill& Melinda Gates Foundation.(det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply