Gol Raphinha Bawa Barca Atasi Bilbao, Mantapkan Puncak Klasemen

Foto: REUTERS/Vincent West
banner 468x60

BILBAO, Barcelona membawa angka penuh dari lawatannya ke markas Athletic Bilbao. Raphinha menjadi pahlawan Barca usai mencetak gol penentu kemenangan.

Barca mengalahkan tuan rumah Bilbao dengan skor 1-0 pada pertandingan di San Mames, Senin (13/3/2023) dinihari WIB. Gol tunggal Barcelona diciptakan Raphinha di pengujung babak pertama.

Read More
banner 300x250

Athletic Bilbao mencetak gol penyama di akhir babak kedua dianulir. Wasit mengambil keputusan itu usai pemeriksaan melalui VAR menyusul terjadinya sebuah pelanggaran lebih dulu.

Kemenangan atas Bilbao memantapkan posisi Barcelona di pucuk klasemen. Barcelona mengoleksi 65 poin dari 25 pertandingan, unggul sembilan poin dari juara bertahan sekaligus rival terberatnya Real Madrid di urutan kedua. Sementara itu Bilbao di peringkat sembilan dengan perolehan 33 poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung mengancam di menit kedua. Crossing Sergi Roberto ke tengah kotak penalti jatuh di jalur Ferran Torres. Meskipun tembakannya cuma bersarang di sisi luar jala gawang Athletic Bilbao.

Lewandowski nyaris menciptakan gol pembuka. Di menit ke-17, umpan terobosan Frenkie de Jong diterima Lewandowski di kotak penalti. Namun, sontekan Lewandowski bisa digagalkan Julen Agirrezabala.

Athletic Bilbao merespons. Umpan silang Alex Berenguer diteruskan Mikel Vesga sebelum ditanduk Raul Garcia dari depan gawang. Bola mengenai mistar sebelum Barca memulai serangan balik.

GOL! Kebuntuan Barcelona terpecah jelang turun minum. Raphinha membuka keunggulan Barcelona. Sergio Busquets mengirim umpan silang kepada Raphinha di sisi kanan kotak penalti. Penyerang Brasil itu menyelesaikan dengan sepakan ke tiang jauh untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Selepas turun minum, Barca langsung menekan. Alejandro Balde menyisir sisi kiri lapangan dengan melewati penjagaan Berenguer dan Oscar De Marcos, lalu melepaskan umpan silang kepada Lewandowski. Sayang sekali, sundulan Lewandowski masih melebar.

Di menit ke-70, Bilbao nyaris menyamakan skor. Inaki Williams mengirim umpan terobosan untuk membebaskan Berenguer. Si gelandang melakukan penetrasi ke kotak penalti dan melepaskan sepakan ke arah tiang dekat. Marc-Andre ter Stegen sempat menepis bola sebelum mengenai tiang gawang Barca.

Selanjutnya, Ter Stegen melakukan penyelamatan beruntun dari sepakan Iker Muniain dan Nico Williams. Akhirnya pada menit ke-87, Bilbao sempat mencetak gol penyama dari Inaki Williams setelah menuntaskan umpan panjang Gorka Guruzeta.

Akan tetapi, wasit menganulir gol Bilbao setelah melakukan pemeriksaan melalui VAR. Iker Muniain melakukan hand ball sebelum bola diumpan kepada Guruzeta. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Di masa injury time, Ter Stegen membuat penyelamatan krusial. Crossing Inaki Williams dibelokkan di depan gawang, lalu Munianin menyambar bola liar dengan sepakan keras yang diblok Ter Stegen.

Susunan Pemain

ATHLETIC BILBAO: Julen Agirrezabala, Balenziaga (Yuri 70′), De Marcos (Capa 84′) Inigo Martinez, Dani Vivian, Raul Garcia (Muniain 64′), Dani Garcia, Mikel Vesga (Oier Zarraga64′), Inaki Williams, Alex Berenguer (Guruzeta 84′), Nico Williams

BARCELONA: Ter Stegen, Sergi Roberto (Ansu Fati 84′), Christensen, Jules Kounde, Balde, Busquets, De Jong, Gavi (Angel Alarcon 90+5′), Ferran Torres (Kessie 68′), Raphinha (Marcos Alonso 84′), Lewandowski

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply