Gerakan Belajar Bahasa Inggris dukung Situ Bagendit Go Internasional Tourism

IMG-20210318-WA0077.jpg

JAKARTA, Movement Society secara resmi melaksanakan kegiatan launching Gerakan “English for Local Community and Hospitality (tourism).” Movement Society merupakan komunitas yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan bahasa inggris dan hospitality (tourism) terhadap masyarakat di kawasan situ bagendit.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Ketua Movement Society, Irfan Apriansyah, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Situ Bagendit sebagai objek wasata kelas internasional yang telah ditetapkan oleh Gubernur Ridwan Kamil.

“Untuk mewujudkan harapan tersebut tidak cukup dengan pembangunan infrastuktur saja, tetapi harus dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pariwisata salah satunya dengan pelatihan bahasa inggris bagi masyarakat dan pelaku pariwisata Bagendit. Serta pelatihan hospitality yang akan dilaksanakan selama sepuluh bulan ke depan. Harapan kami setelah dilaksanakan kegiatan ini, masyarakat sekitar kawasan situ bagendit dapat betul-betul menikmati pembangunan pariwisata Bagendit, ” ujar Irfan.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Yaman Suryaman, SE, M.Si., Phd. Sebagai Ketua Yayasan Indonesian Human Development Institute, beliau menyemangati para volunteer agar tidak tergantung pada pemerintah, tetapi mesti menunjukan dulu action dan karya yang dibuat.

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa latar belakang pendidikan tidak mempengaruhi kemampuan dalam menguasai bahasa inggris, sehingga kegiatan ini bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat situ bagendit.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Camat Situ Bagendit, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Situ Bagendit. Melalui kegaitan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pariwisata situ bagendit sehingga dapat menarik banyak kunjungan wisatawan.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kesbangpol mewakili Bupati Garut, beliau menyampaikan perlunya kerjasama lintas sektor untuk melaksanakan pembangunan.

Pembangunan tidak hanya mengandalkan pemerintah saja, melainkan perlu juga peran dari sektor lain seperti akademsi. Kegiatan ini merupakan sebuah inovasi dari kalangan akademis yang perlu diacungi jempol karena sangat membatu pemerintah dalam pengembangan pariwisata bagendit. Beliau pun secara langsung meresmikan kegiatan movement society tersebut.

Kemudian secara simbolis Camat Banyuresmi, Ketua Yayasan IHDI, serta Kepala Kesbangpol menyerahkan kurikukulum pelatihan kepada perwakilan volunteer yang merupakan mahasiswa IPI dan Universitas Garut.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan liwet bersama, sebagian tamu undangan makan bersama diatas rakit, sebagian lagi makan bersama di saung lesehan yang berda di kawasan wisata Saung Si Kumpay.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top