Sinyal Jokowi untuk Capres 2024

banner 468x60

JAKARTA, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terekam selalu berada di tiga besar elektabilitas bakal calon presiden di Pilpres 2024 berdasarkan survei. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat bertemu dengan ketiga calon terkuat di survei periode April.

Mengutip dari detikcom, Selasa (26/4/2022), berdasarkan sejumlah survei elektabilitas terbaru, nama Prabowo, Ganjar, dan Anies memang selalu di tiga besar. Ketiganya salip-menyalip posisi elektabilitas di beberapa survei.

Read More
banner 300x250

Dalam survei Charta Politika, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sementara mengungguli elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Survei itu digelar pada 10-17 April 2022 di 122 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia. Total 1.220 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Adapun margin of error survei ini +- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 persen.

Berikut ini elektabilitas ketiga tokoh versi Charta Politika:

1. Ganjar Pranowo 26,6%

2. Prabowo Subianto 22,0%

3. Anies Baswedan 19,7%

Kondisi serupa tergambar pada survei Populi Center. Survei tersebut menunjukkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memperoleh suara yang sama di posisi puncak elektabilitas capres. Sedangkan Anies di posisi ketiga.

Survei Populi Center itu digelar pada 21-29 Maret 2022 di 120 kelurahan yang tersebar di 34 provinsi dengan jumlah responden yang diwawancara sebanyak 1.200 orang. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan metode multistage random sampling. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error -+ 2,83 persen.

Berikut ini elektabilitas ketiga tokoh versi Populi Center:

1. Prabowo Subianto 24,0%

2. Ganjar Pranowo 24,0%

3. Anies Baswedan 12,1%

Lalu versi survei Political Weather Station (PWS), Prabowo Subianto berada di posisi teratas, diikuti Ganjar Pranowo, lalu Anies Baswedan.

Survei PWS dilakukan pada 1-11 April 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 1.225 responden. Responden diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling), dengan margin of error +/- 2,8 persen, dan tingkat kepercayaan 95%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan kuesioner.

Berikut ini hasil elektabilitas ketiga tokoh versi PWS:

1. Prabowo Subianto 26,5%

2. Ganjar Pranowo 17,8%

3. Anies Baswedan 16,7%

Jokowi Gandeng Ketiga Tokoh

Presiden Jokowi ternyata sempat bertemu masing-masing tokoh dengan elektabilitas tertinggi itu di waktu yang berbeda. Dirangkum detikcom, Jokowi sempat bertemu dengan Ganjar saat kunjungan kerja di Jawa Tengah. Kemudian Jokowi juga bersama-sama melakukan kunjungan kerja dengan Prabowo di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hingga yang terbaru, Jokowi juga bertemu dengan Anies Baswedan saat mengecek kesiapan Formula E di Ancol.

Berikut ini timeline pertemuan Jokowi dengan Ganjar, Prabowo, dan Anies:

14 April: Jokowi Semobil dengan Ganjar

Pertemuan dengan Ganjar ini terjadi saat Jokowi melakukan kunjungan kerja di wilayah Jawa Tengah. Ada momen menarik saat pertemuan ini lantaran Jokowi sempat semobil dengan Ganjar.

Ganjar sempat mengungkap apa yang keduanya bicarakan selama di mobil. Menurutnya, Jokowi membicarakan persoalan minyak goreng hingga persiapan Lebaran.

“Concern beliau pada isu minyak goreng ini ternyata tinggi. Kami tadi berbincang cukup lama saat mendampingi beliau dan tentu dua hal yang dikontrol suplai dan harga, termasuk bantuan kepada masyarakat,” kata Ganjar seperti dilansir Antara, Kamis (14/4).

Ganjar mengaku mendapat pesan dari Presiden Jokowi terkait antisipasi mulai menggeliatnya perekonomian, transportasi yang makin ramai, menjelang Lebaran 2022, dan penerapan protokol kesehatan.

“Pak Presiden berpesan kepada kita bahwa semua harus memakai masker itu peringatan beliau, kalau kita bicara tingkat imunitas masyarakat cukup tinggi tapi jangan abai, minimal masker harus dipakai,” ujarnya.

20 April: Jokowi Prabowo Kompak Berblangkon Merah di Madura

Menjelang beberapa hari kemudian, tepatnya pada 20 April 2022, Jokowi juga melakukan kunjungan kerja dengan Prabowo. Terekam momen menarik keduanya saat kompak memakai blangkon khas Madura bernama ‘Udeng’.

Dalam kesempatan ini, sebetulnya Jokowi sedang didampingi Prabowo dan para menteri lainnya untuk meresmikan Bandara Sumenep di Madura. Meski begitu, momen menarik sempat terjadi antara Jokowi dan Prabowo lantaran keduanya ternyata membeli bersamaan blangkon tersebut.

Tak hanya itu, saat proses membeli tersebut, Jokowi juga sempat bertanya kepada masyarakat terkait sosok Prabowo. Dia bertanya apakah masyarakat mengenal Prabowo.

“Ini kalau gini modal berapa sih? Modal berapa ini?” tanya Jokowi.

“600,” kata Jokowi mengulang omongan pedagang.

“Kalau dikasih 1, 2 udah…,” sambung Jokowi sambil berbincang dengan Prabowo.

“Kenal siapa beliau?” tanya Jokowi sambil menunjuk ke arah Prabowo.

“Pak Prabowo,” teriak warga. Prabowo, yang mendengar teriakan tersebut, langsung melambaikan tangan.

25 April: Jokowi Disopiri Anies Saat Cek Sirkuit Formula E

Presiden Jokowi juga sempat bertemu dengan Anies. Momen tersebut terjadi saat Jokowi tengah meninjau sirkuit Formula E.

Menariknya, saat kunjungan tersebut, Anies menyopiri Jokowi. Jokowi dan Anies pun mengecek langsung sirkuit Formula E yang sudah selesai diaspal.

Jokowi mengaku memang hendak melihat progres pembangunan Sirkuit Formula E. Dia menyebut sirkuit tersebut sudah siap digunakan.

“Ya saya ingin melihat persiapan formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” kata Jokowi kepada wartawan, Senin (25/4/2022).

“Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grand stand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan ya kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya,” ujar Jokowi.

Penjelasan lebih rinci disampaikan oleh Anies. Dia juga membeberkan progres pembangunan paddock hingga pagar di kawasan trek balapan Formula E.

“Kalau untuk treknya sudah 100 persen selesai, sekarang yang sedang dalam proses pembangunan, seperti disampaikan Bapak Presiden, adalah paddock, grand stand, kemudian juga pagar nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang itu untuk melindungi. Itu semua yang akan dikerjakan sama persiapan untuk fasilitas bagi tamu-tamu yang menggunakan mal di sebelah ini. Tapi secara umum treknya sudah 100 persen selesai,” beber Anies.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply