Resensi Buku: Etika Politik, Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern

banner 468x60

Judul: Etika Politik (Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern). Penulis: Franz Magnis-Suseno. Jumlah Halaman: 536. Tanggal Terbit: 31 Mar 2021. ISBN: 978-602-03-3470-7. Bahasa: Indonesia Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Sinopsis

Pola kenegaraan modern berkembang bersamaan dengan revolusi ekonomi, sosial dan budayayang berlangsung di Eropa Barat tiga ratus tahun yang lalu dan mendapatkan ungkapan yang paling mengesankan dalam perwujudan masyarakat industrial dan pasca-industrial saat ini.

Salah satu pertanyaan etika politik dewasa ini terkait dengan legitimasi kekuasaan, klaim-klaim kenegaraan modern yang bercorak multidimensial dan kontroversial menuntut refleksi filosofis atas dasar prinsip-prinsip dasar kehidupan politik, baik dalam dimensi hukum maupun kekuasaan. Analisis ini lah yang menjadi tema utama dalam buku Etika Politik.

Prof, Dr. Magnis-Suseno,SJ dengan lugas membahas pokok-pokok tentan metode etika politik, legitimasi kekuasaan, hukum kodrat dan positivisme hukum, hak-hak asasi manusia, negara dan ideologi, kebebasaan dan kesamaan, hingga negara hukum demokratis dengan menyertakan gagasan-gagasan utama dari tokoh-tokoh filsafat politik seperti Aquinas, Hobbes, Locke, Rousseau, Hegel, dan Marx.

Relevansi buku ini tidak terbantahkan untuk siapa pun yang ingin memahami persoalan etika dan politik, untuk siapa pun yang ingin memahami masalah-masalah ideologi secara kritis dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.  

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply