Presiden Tambah 13 Proyek Strategis Baru

Foto: Presiden Jokowi. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
banner 468x60

JAKARTA, Pemerintah merilis 13 proyek strategis nasional (PSN) baru. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar PSN.

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) sebagai point of contact dalam implementasi koordinasi untuk debottlenecking PSN mulai menggelar pertemuan untuk membahas rencana aksi 13 proyek baru itu. Pembahasan itu dihadiri oleh Kementerian/Lembaga terkait, serta Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dan Badan Usaha.

Read More
banner 300x250

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian sekaligus Ketua Tim Pelaksana KPPIP, Wahyu Utomo mengatakan pembahasan itu untuk menjalankan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat internal 25 April 2022 lalu. Beberapa hal penting antara lain rencana aksi proyek sampai tahun semester I-2024, milestone proyek per tahun dan isu-isu kritis yang perlu ditindaklanjuti.

“Pemerintah akan memastikan proyek selesai tepat waktu dan tepat sasaran karena berdampak positif terhadap ekonomi Indonesia baik lingkup regional maupun nasional. Rencana aksi, pencapaian, dan tindak lanjut isu perlu segera dilengkapi oleh Penanggung Jawab Proyek Strategis Nasional sebagai dasar bagi kita untuk meneliti dan melihat apa saja yang kita harus lakukan,” ujar Wahyu dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Ke-13 PSN baru tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan terdiri dari berbagai sektor. Sektor teknologi terdapat proyek Palapa Ring Integrasi, sektor perkebunan terdapat proyek Pembangunan Kelapa Dalam dan Industri Turunannya di Papua Barat.

Di sektor Air Bersih dan Sanitasi, terdapat proyek Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ir. H. Djuanda/Jatiluhur II (DKI Jakarta dan Jawa Barat). Untuk sektor pariwisata, terdapat Proyek Pariwisata Seribu Pulau Kepulauan Seribu (DKI Jakarta).

Lalu ada juga di sektor kereta api yaitu Infrastruktur Kereta Api Logistik di Kalimantan Timur. Sementara untuk sektor kawasan terdapat proyek pembangunan Kawasan Industri Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP) di Sulawesi Tenggara dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Untuk bendungan terdapat pembangunan Bendungan Rukoh dan Bangunan Pengarah Bendungan Rukoh (Aceh). Sektor energi, pembangunan PLTS Skala Besar di Kepulauan Riau, serta sektor pangan yaitu Integrasi PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) melalui pembentukan SugarCo, PalmCo dan SupportingCo.

Dalam PSN yang baru ini juga terdapat tiga proyek smelter yaitu Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di Bahodopi (Sulawesi Tengah), Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di Pomala (Sulawesi Tenggara), dan Smelter Nikel Baterai Listrik di Halmahera Timur, Maluku Utara (untuk mendukung industri baterai kendaraan listrik di Indonesia).

Dengan adanya aturan baru tersebut, total keseluruhan PSN menjadi 200 daftar dengan 12 program proyek strategis nasional.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply