Presiden: Resmi Lantik Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri

banner 468x60

Jakarta, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo telah resmi menjadi Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) terhitung sejak, Rabu 27 Januari 2021, sekitar pukul 09.30 WIB. Dengan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada awal bulan Februari nanti.

Pelantikan tersebut di lanksanakan di Istana Negara Jakarta, Presiden Joko Widodo melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/Polri Tahun 2021 tentang pengangkatatan Kapolri dan dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden.

Read More
banner 300x250

Selain itu, Komjen Listyo juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Polisi. Ini tertuang dalam Keppres Nomor 7/Polri 2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri.

Setelah pembacaan Keppres, Presiden langsung melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta tanda jabatan, lalu menyerahkan tongkat jabaran Kapolri kepada Jenderal Polisi Sigit Prabowo, dilanjutkan dengan pemberian selamat oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam kegaiatan pelantikan ini, turut hadir mendampingi Presiden dan Wakil Presiden yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sebelumnya Presiden pada Rabu (13/01/2021), mengajukan nama Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagai calon tunggal Kapolri melalui Surpres nomor R-02/Pres/01/2021 yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR.

DPR kemudian melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu (20/01/2021). Selanjutnya, melalui Rapat Paripurna pada Kamis (21/01/2021), DPR menyetujui calon tunggal yang diajukan Presiden tersebut.

Ketua DPR Puan Maharani dalam surat persetujuannya yang disampaikan kepada Presiden menyebutkan, Rapat Paripurna DPR RI tanggal 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR RI untuk mengangkat Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply