Presiden Jokowi Disambut Joe Biden Di Gedung Putih Dan Berbincang Di Oval Office

Foto: biropersekretariatpresidenRI
banner 468x60

JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat. Joe Biden menyambut Jokowi begitu tiba di Gedung Putih.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (14/11/2023), Jokowi tiba pukul 16.20 waktu setempat. Jokowi disambut jajar kehormatan dengan pasukan yang membawa bendera dari 50 negara bagian di Amerika Serikat saat rangkaian kendaraan yang membawa Jokowi memasuki halaman Gedung Putih.

Read More
banner 300x250

Setiba di depan West Wing Portico, Jokowi turun dari kendaraan dan langsung disambut hangat oleh Joe Biden. kedua pemimpin negara itu berjalan menuju Oval Office yang merupakan ruang kerja Biden di Gedung Putih.

Di sanalah Biden dan Jokowi melakukan pertemuan terbatas. Setelah melaksanakan pertemuan terbatas, kedua presiden itu menggelar pertemuan bilateral yang turut diikuti delegasi dari tiap negara.

Dalam kunjungannya ke Gedung Putih, Jokowi didampingi Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Minta AS Setop Kekejaman di Gaza

Dari pertemuan itu, Jokowi turut membawa misi khusus terkait situasi di Gaza. Jokowi mengajak Biden untuk menghentikan kekejaman di Gaza.

“Indonesia meminta AS berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza. Gencatan senjata adalah suatu keharusan demi kemanusiaan,” ujar Jokowi, dilansir dari AFP, Selasa (13/11).

“Hal ini (kekejaman di Gaza) merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” lanjut Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan agar kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat berkontribusi terhadap perdamaian global.

“Indonesia berharap agar kemitraan kita dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan regional dan juga global,” tutur Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Biden mengatakan kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerja sama antarkedua negara dalam berbagai bidang.

“Termasuk di dalamnya adalah peningkatan kerja sama kita dalam hal keamanan,” ucap Biden.(det)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply