PKB Nilai Andika Perkasa Cocok Jadi Cawapres Cak Imin: TNI dan TNU

Tangkapan layar - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. ANTARA/Muhammad Zulfikar.
banner 468x60

JAKARTA, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut Jenderal Andika Perkasa punya kapasitas untuk maju menjadi calon presiden (capres). PKB mengaku akan mempertimbangkan Andika jika memang ingin maju sebagai capres usai pensiun dari TNI.

“Bagus, Jenderal Andika punya kapasitas untuk maju menjadi capres,” ujar Waketum PKB Jazilul Fawaid, kepada wartawan, Rabu (25/5/2022). “PKB akan timbang-timbang kalau Pak Andika mau lewat pintu PKB. Terserah Gus Muhaimin saja sebab PKB memberikan mandatnya kepada Gus Muhaimin maju menjadi Capres,” katanya.

Read More
banner 300x250

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid saat doa Bersama Ulama dan Habaib Halalbihalal Bersama Gus Muhaimin di Dyandra Convention Center, Surabaya, Minggu (22/5). Dia kemudian menyebut Andika cocok jika menjadi cawapres berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai capresnya. Jazilul menyebut Cak Imin-Andika pasangan yang cocok.

“Kami setuju jika Pak Andika bersanding menjadi Wapresnya Gus Muhaimin. Pantes banget, TNU dan TNI, sama nasionalis hijau, pasangan sipil-militer,” katanya.

 

Andika Potensi Jadi Capres dari NasDem

Anggota DPR dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan menyebut Jenderal Andika Perkasa dan pimpinan DPR RI Rachmat Gobel bakal jadi salah satu pasangan capres-cawapres yang akan diajukan di rakernas NasDem. Dia menyebut kedua orang itu diwacanakan NasDem untuk diusung pada Pilpres 2024.

“Apabila diamati, ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi nama-nama capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai NasDem di Jakarta nanti,” kata Farhan seperti dilansir detikJabar, Rabu (25/5).

Farhan menyampaikan dua nama itu adalah Jenderal Andika Perkasa sebagai sosok yang mewakili kader pemimpin nasional dari TNI. Selain itu, Rahmat Gobel menjadi sosok mewakili kader pemimpin nasional dari wilayah timur Indonesia. “Dinamika munculnya dua nama baru itu membuat percaturan capres jadi sangat menarik,” ujarnya.

 

Respons Andika

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah buka suara soal namanya yang masuk bursa Pilpres 2024. Andika menegaskan dirinya masih fokus pada tugas sebagai Panglima TNI. “Yang jelas saya sekarang masih bertugas sebagai Panglima TNI, saya harus fokus kepada pekerjaan saya,” kata Andika di Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti dikutip dari detikJateng.

Namun, Andika mengapresiasi dukungan dari masyarakat kepada dirinya. Dia menilai hal itu merupakan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap dirinya. “Wah, saya terima kasih banyak atas dukungan dari ya banyak orang, dan saya sangat menghargai sekali karena kan itu kepercayaan kepada saya pribadi, maupun mungkin sebagai wakil dari institusi TNI,” ujarnya.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply