Pj Gubernur Safrizal Keluarkan Instruksi Pengendalian Inflasi Jelang Natal 2023 & Tahun Baru 2024

banner 468x60

PANGKALPINANG, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr. Safrizal ZA mengeluarkan instruksi Gubernur Kep. Babel Nomor surat : 500/148/IV Tahun 2023 tanggal 19 Desember 2023 tentang Pengendalian Inflasi Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Provinsi Kep. Babel. Untuk mengendalikan inflasi di Negeri Serumpun Sebalai, diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dengan memberikan instruksi kepada seluruh bupati/wali kota se-Provinsi Kep. Babel.

“Empat instruksi ini harus menjadi perhatian utama dan prioritas bagi para Bupati/Walikota dengan terus bersinergi antar semua pemangku kepentingan,” ajak Safrizal, Kamis (21/12/2023) di Pangkalpinang.

Read More
banner 300x250

Empat instruksi yang ditandatangani pada Selasa (19/12/2023) yakni pertama, melakukan upaya pemantauan secara berkala terhadap kecukupan stok barang, kebutuhan pokok dan stabilisasi melalui Operasi Pasar bekerja sama dengan Bulog, Distributor, Pedagang Besar dan Petani/Peternak pada masing-masing daerah.

Kedua, mendorong optimalisasi pelabuhan laut dan udara untuk kelancaran distribusi; Ketiga, menyelesaikan kendala dan peningkatan sarana distribusi BBM dan gas dan terakhir keempat: mengimbau masyarakat untuk belanja bijak dalam rangka membentuk ekspektasi atas harga bahan pokok penting dan mengampanyekan tidak boros pangan.

“Instruksi ini dikeluarkan sebagai upaya Pemprov Babel untuk memastikan pengendalian jelang, saat dan pasca Nataru dapat berjalan optimal. Ingat angka inflasi itu sifatnya agregat sehingga kolaborasi dan kerjasama antar daerah mutlak untuk dilakukan”, ajak Safrizal.

Sebelumnya, Safrizal sudah meresmikan rumah pembibitan atau Nursery Kelompok Tani (Poktan) Timur Makmur di Desa Air Mesu Timur, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (6/12/2023). Nursery perbenihan cabai dan bawang merah dengan sistem soilblock ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan).

Diharapkan melalui rumah pembibitan cabai dan bawang merah akan mengeliatkan lagi penanaman cabai dan bawang merah di Babel serta mengendalikan inflasi sebab cabai ikut mempengaruhi Tingkat inflasi di Babel. Suksesnya pembenihan ini, menurut Safrizal, tak menutup kemungkinan Babel akan menjaga kestabilisasi harga. Ia menargetkan harga cabai pada Mei 2024 turun 50 persen dari harga sekarang yang mencapai Rp 100 ribu.

Strategi jangka menengah untuk pengendalian inflasi yakni segera dieksekusi seperti ekstensifikasi pertanian melalui inisiasi lumbung pangan di Bangka Selatan, Gerakan Tanam Cabai untuk skala rumah tangga dan wajib untuk ASN Pemprov Babel nantinya sebagai percontohan sampai upaya untuk menambah frekuensi penerbangan, paralel strategi jangka pendek melalui aksi konkret secara mikro terus dijalankan seperti pasar murah on the spot.

“Kita juga akan memanfaatkan pekarangan Rumah Dinas Gubernur sebagai kebun percontohan untuk penanaman cabai. Kebun percontohan ini nantinya bisa menjadi objek kunjungan bagi masyarakat, anggota PKK dari Kabupaten/Kota, maupun anak-anak sekolah sebagai media pembelajaran dalam bertanam cabai,” pungkas Safrizal.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply