Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Kelurahan Bakti Jaya: Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan Bersama Kelompok 51 KKL IIQ Jakarta

banner 468x60

Partisipasi Kelompok 51 dalam acara ini menjadi wujud nyata dari kolaborasi antara pihak kelurahan dan Institute Ilmu Al-Qur’an Jakarta

SETU, Selasa 18/07/2023, Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Setu Tangerang Selatan Banten menyelenggarakan malam perayaan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1445 H dengan mengusung tema “Dengan semangat Muharram mari kita tingkatan keimanan dan ketakwaan”.

Read More
banner 300x250

Acara rutinan yang diadakan setiap tahun ini dihadiri oleh perwakilan Staff Khusus Walikota Tangerang Selatan, Drs. Heli Slamet, M.Si., ketua DPRD Tangerang Selatan, H. Abdul Rasyid, S.Ag, M.A.P, serta Lurah Bakti Jaya, Fiqri Yanuardi Putra, S.E, serta beberapa tokoh masyarakat setempat berhasil menarik perhatian ratusan warga yang berkumpul di depan kantor kelurahan Bakti Jaya.

Turut hadir juga Kelompok 51 KKL Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta 2023 , yang juga menjadi pengisi acara di kegiatan tersebut bersama Dosen Pembimbing Mabda Dzikara, Lc. M.A.

Dalam sambutannya, Lurah Bakti Jaya, Fiqri Yanuardi Putra, menyampaikan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan menciptakan harmoni antara warga setempat, khususnya antar RW dan RT serta tokoh-tokoh masyarakat.

“Peringatan Tahun Baru Hijriyah ini menjadi momen untuk saling meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam menjalani kehidupan. Jangan sampai acara yang lain bisa kita laksanakan, tapi malam tahun baru Islam malah ga ada acara,” ujar Fiqri.

Fiqri juga menambahkan bahwa acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia yang puncaknya akan digelar pada 25 Agustus 2023.

“Sebelumnya tadi sore kita mengadakan lomba marawis, hadrah untuk para ibu dan nanti akan ada gerak jalan yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu ini.” Ungkap mantan Sekretaris Kelurahan Bakti Jaya ini.

Acara pergantian tahun Hijriyah ini dimulai dengan pembacaan istighosah, tawasul, dan doa, diikuti oleh sholat Isya berjama’ah yang dihadiri oleh seluruh peserta dengan khusyuk.

Suasana semakin meriah dengan pawai obor yang diikuti oleh anak-anak dan remaja. Mereka bersemangat mengikuti prosesi pawai, membawa obor yang menyala sebagai simbol keceriaan menyambut tahun baru.

Tausiyah menjadi salah satu bagian yang paling ditunggu dalam peringatan Tahun Baru Hijriyah kali ini. Ustadz Nawawi al-Aksi, juara ke-3 dalam pencarian Da’i pada program Aksi Indosiar, menyampaikan pesan penting untuk seluruh hadirin.

Ia menekankan betapa pentingnya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta memperbaiki hal-hal yang sudah baik agar menjadi lebih baik lagi. Lingkungan yang baik dan pergaulan dengan teman yang positif juga menjadi fokus utama dalam tausiyahnya.

Sebagai bagian dari acara ini, kelompok 51 KKL IIQ Jakarta juga turut berperan aktif dalam menyemarakkan suasana. Bertindak sebagai Host Alipatullut Fiyatusyarifah, mahasiswi Prodi IAT IIQ Jakarta membersamai Bang Cablak yang membawakan acara dengan penuh canda dan guyub.

Warsinah India Ningrum dan Farah Nurfadhilah yang juga merupakan mahasiswi IAT IIQ Jakarta membawakan tilawah Al-Qur’an dan sari tilawah yang menyentuh hati para hadirin.

Kelompok 51 KKL IIQ Jakarta Setapak Sriwedari memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh kelurahan ini Bakti Jaya ini dalam menghidupkan nilai-nilai keislaman di tengah-tengah masyarakat, khususnya remaja dan anak-anak.

Partisipasi Kelompok 51 dalam acara ini menjadi wujud nyata dari kolaborasi antara pihak kelurahan dan Institute Ilmu Al-Qur’an Jakarta dalam memperkuat pengembangan masyarakat.

Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Kelurahan Bakti Jaya tahun ini menjadi momentum yang berarti bagi seluruh warga untuk memperkokoh silaturahmi antar warga dan memperkuat rasa persaudaraan, saling mengenal, dan memupuk rasa kebersamaan di masyarakat.

(Penulis: Farah Nurfadhilah, Ketua KKL 51 Institute Ilmu Al-Qur’an Jakarta)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply