Pengetahuan Dasar Memilih Saham

banner 468x60

Artikel ini membahas secara singkat tentang pengetahuan dasar memilih saham. Yuk, kita ikuti apa saja sih pertimbangan untuk memilih saham.

Keuntungan Saham Menggiurkan

Bursa saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang sangat menarik untuk diikuti. Mengapa demikian? selain dapat membuat orang kaya mendadak, secepat kilat juga orang dapat menjadi miskin.

Bukan menakut-nakuti para investor, namun memang demikian kenyataannya. Banyak orang yang mencoba bermain saham dengan unsur lucky menjadi kaya dan banyak juga investor yang bermain menggunakan feeling yang melarat. Artinya apa? Paling tidak setiap pemilik modal yang ingin berkecimpung di instrumen saham ini hendaknya mempunyai sedikit pengetahuan tentang saham dan seluk beluknya.

Untuk itu, pada halaman ini kami ingin memberikan sedikit tips dan trick cara bermain saham yang aman, dalam arti meminimalisir kerugian dan memperbesar peluang meraup gain. Adapun Tips and Trick dasar yang kami berikan untuk pertama kalinya adalah :

Faktor yang mempengaruhi harga saham

Sebelum membeli saham hendaknya para pelaku pasar tahu bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi harga saham di bursa yakni ekonomi dan politik.

Kebijakan ekonomi

Kebijakan ekonomi yang mempengaruhi harga saham terdiri dari faktor mikro dan makro. Faktor ini meliputi kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiskal itu dapat berupa kebijakan pajak, subsidi dan belanja negara. Sementara kebijakan moneter meliputi suku bunga dan uang ketat.

Bila suatu negara memberlakukan kebijakan uang ketat sudah dapat dipastikan jumlah uang yang beredar akan berkurang sehingga dana yang diperlukan untuk modal kerja dan ekspansi serta investasi juga terbatas.

Kebijakan uang ketat biasanya juga diikuti dengan kenaikan suku bunga yang tentunya akan meningkatkan biaya produksi perusahaan. Pada akhirnya roda perekonomian tidak berputar dan daya beli masyarakat akan menurun.

Masyarakat dan pemodal lebih ingin menyimpan uangnya di bank karena lebih menguntungkan dan aman. Bila hal ini terjadi akan banyak perusahaan yang menurunkan kapasitas produksinya. Bila hal ini berlanjut, Perlahan tapi pasti perusahaan-perusahaan akan melakukan pengurangan karyawan dan jumlah pengangguran semakin tinggi.

Politik

Politik dalam negeri suatu negara yang memanas dapat menurunkan harga saham karena situasi politik seperti ini dapat menimbulkan gesekan-gesekan yang menjadikan iklim investasi tidak lagi kondusif. Bila terjadi gesekan tidak menutup kemungkinan timbulnya bentrokan yang akan merugikan para investor. Memanasnya suhu politik juga membuat nilai tukar mata uang negara itu akan melemah.

Begitu juga dengan politik global yang memanas seperti saat ini antara Israel dan Palestina telah membuat harga minya mentah naik. Efek yang timbul adalah cost yang harus dikeluarkan perusahaan meningkat.

Kebijakan politik lainnya yang mempegaruhi iklim investasi adalah penegakan hukum di suatu negara. Bila penegakan hukum melempem maka para investor merasa tidak mendapat kepastian hukum soal dana yang ditanam.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply