Pemenang Kursi DPR Dapil Banten III, Airin hingga Wahidin Halim

banner 468x60

KOTA TANGERANG, Nama-nama beken memenangkan kursi DPR di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III atau Tangerang Raya. Sebanyak 10 pemenang kursi itu separuhnya adalah anggota DPR pejawat.

Hal tersebut diketahui setelah KPU menetapkan raihan suara Pileg DPR RI 2024 Dapil Banten III dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional di Kantor KPU RI, Selasa (12/3/2024).

Read More
banner 300x250

Dnews.co.id mengkonversi raihan suara partai di dapil tersebut menjadi kursi menggunakan metode Sainte Lague, rumus resmi yang digunakan untuk pileg Indonesia. Hasilnya, 10 kursi yang diperebutkan di dapil tersebut dimenangkan oleh delapan atau sembilan partai politik.

Rinciannya, Golkar memenangkan dua kursi. Lalu, PKB, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, dan Demokrat masing-masing mendapatkan satu kursi.

PDIP memenangkan satu kursi. PSI juga mendapatkan satu kursi asalkan total raihan suara nasionalnya mencapai ambang batas parlemen. Jika tidak lolos parliamentary threshold, maka satu kursi yang didapatkan PSI beralih ke PDIP.

Sesuai UU Pemilu, kursi yang didapatkan partai menjadi milik caleg peraih suara terbanyak. Berikut daftar pemenang kursi di dapil yang meliputi Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang itu:

 

Berikut rinciannya;

Golkar                  : Airin Rachmi Diany dan Andi Achmad Dara

PDI Perjuangan : Rano Karno (Marinus Gea masih menunggu PSI masuk parlemen atau tidak)

PKS                       : Habib Idrus Salim Aljufri

Gerindra              : Sufmi Dasco Ahmad

Demokrat           : Zulfikar Hamonangan

PKB                       : Rano Al Fath

Nasdem               : Wahidin Halim

PAN                      : Okta Kumala Dewi

PSI                        : Isyana Bagoes Oka (dengan catatan partainya lolos parlemen)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply