Novita Wijayanti: Kemerdekaan Tidak Hanya Diperingati, Namun Dijaga dan Dipertahankan

banner 468x60

Menyambut hari Kemerdekaan jangan hanya terfokus pada hingar bingarnya acaranya saja. Melainkan, juga dapat mengerti dan memaknai dari tujuan peringatan hari Kemerdekaan itu.

BANYUMAS, Akhir bulan Juli 2023 Anggota MPR RI Novita Wijayati kembali melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di daerah pemilihan Jawa Tengah VIII di Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas tepatnya pada Senin (31/7/2023).

Read More
banner 300x250

Yang paling terasa memasuki bulan Agustus adalah Persiapan Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nantinya. Sudah mulai banyak dijumpai pedagang atribut-atribut Agustusan seperti bendera merah putih dalam berbagai bentuk kreasi dan ukuran, hiasan-hiasan yang bernuansa merah putih, baliho, poster, dan lain-lain yang sangat meriah.

“Euforia peringatan 17 Agustus sangat terasa dan membuat kita menjadi semangat untuk memperingatinya. Persiapan juga mulai dilakukan di berbagai desa,” kata Novita memantik semangat nasionalisme peserta sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Misalnya, sambung Novita, persiapan untuk membangun gapura bertuliskan peringatan HUT Kemerdekaan yang tahun ini ke 78 tahun, ada pula desa yang mempersiapkan dengan kerja bakti membersihkan desa, mengecat, dan lain-lain.

Novita juga mengajak kepada semua masyarakat di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap daerah pemilihan beliau untuk semangat menyambut hari kemerdekaan.

Semangat ini, kata Novita, dapat dilakukan dengan aktif ikut berpartisipasi dalam kelancaran peringatan Agustusan nanti.

Politikus Gerindra ini pun sempat memberikan masukan kepada masyarakat untuk dapat memeriahkan hari Kemerdekaan di desanya masing-masing, dimulai dari rumah masing-masing.

Seperti yang sudah dilakukan masyarakat di seluruh Indonesia setiap peringatan 17 Agustus di rumah masing-masing memasang benda merah putih. Tradisi ini tidak boleh hilang. Ini hanya bentuk kecil dari cara kita memperingati hari Kemerdekaan. Novita pun berharap makna dari kita memperingati hari Kemerdekaan 17 Agustus tidak hanya sekedar memperingati hari besar nasional.

“Kita warga negara Indonesia memperingati hari Kemerdekaan sebagai bentuk penghargaan kita kepada pahlawan yang telah berjasa mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan negara Indonesia,” ucap legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah tersebut.

Menyambut hari Kemerdekaan jangan hanya terfokus pada hingar bingarnya acaranya saja. Melainkan, juga dapat mengerti dan memaknai dari tujuan peringatan hari Kemerdekaan itu.

“Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menjaga dan mempertahankan kemerdekaan itu, supaya terus dapat dirasakan oleh anak cucu cicit kita nantinya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sosialisasi turut dihadiri Camat Rawalo Bapak Drs RM Koeshartono, Kapolsek Rawalo Akp Embar Yuliono, S.H, Danramil Rawalo Kapten Inf Sentot Priyanto, Kades Banjarparakan Bapak Budi Widiantoro, dan selaku tuan rumah, Kades Losari Bapak Arsim, Kades Sanggreman Bapak Wito, Kades Tipar Bapak Warto, Kades Sidamulih Bapak Slamet, Kades Pesawahan Bapak Kamto, Kades Rawalo Bapak Supyan, Kades Tambaknegara Bapak Sulam, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat desa Banjarparakan dan sekitarnya

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply