NASA Temukan Planet Mirip Bumi, Apakah Layak Huni?

NASA Temukan Bumi Tiruan yang Lebih Layak Huni. (Foto: NASA)
banner 468x60

Planet yang lebih besar akan cenderung aktif secara geologis. Menghasilkan berkembangnya evolusi makhluk hidup.

JAKARTA, Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, menemukan planet yang mirip dengan Bumi. Berukuran 40 persen lebih besar, planet apa itu?

Read More
banner 300x250

Planet bernama LP 890-9 c itu disebut sebagai ‘Bumi Super’ dengan ukuran yang lebih besar dan lebih layak huni. Menurut situs resmi NASA, planet LP 890-9 c ditemukan lewat teleskop James Webb.

Selain memiliki laut, planet ini juga mengorbit bintang seperti Bumi. Planet ini disebut mengorbit bintang selama 8,5 hari.

Di samping planet LP 890-9, ilmuwan juga menemukan planet-planet lain yang memenuhi kriteria layak huni. Planet tersebut berada di luar tata surya kita atau disebut dengan exoplanet.

Kriteria Planet Layak Huni

Para peneliti telah membuat kriteria yang membuat planet cocok untuk ditinggali. Planet yang lebih besar akan cenderung aktif secara geologis. Menghasilkan berkembangnya evolusi makhluk hidup.

Jadi planet yang paling layak huni akan memiliki kira-kira dua kali massa Bumi dan memiliki volume antara 20 persen dan 30 persen lebih besar. Planet-planet ini juga akan memiliki lautan yang cukup dangkal untuk cahaya untuk mendorong kehidupan sampai ke dasar laut.

Suhu rata-rata yang aman untuk ditinggali berkisar pada 77 derajat Fahrenheit atau 25 derajat Celcius. Planet tersebut juga memiliki atmosfer yang lebih tebal daripada Bumi sebagai selimut isolasi.

Kemudian, planet seperti kriteria sebelumnya akan mengorbit bintang yang lebih tua dari matahari dan memberikan kehidupan untuk berkembang. Para ilmuwan berpikir bahwa gabungan kriteria ini akan membuat sebuah planet menjadi sangat layak huni.

Menurut situs Space.com, Bumi Super memenuhi kriteria dari planet yang layak dihuni. Sampai saat ini, para astronom telah menemukan dua lusin exoplanet yang mirip dengan Bumi Super. Meski bukan yang terbaik, secara teoritis, planet-planet tersebut lebih layak huni dibandingkan Bumi.

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply