Mau Hapus Data Diri dari Internet? Begini Caranya

Ilustrasi, Foto: Internet
banner 468x60

Langsung cari tahu dan lakukan deactive (non-aktif) akun untuk menghapus data tersebut

JAKARTA, Penggunaan internet dalam keseharian membuat data seseorang sudah pasti ada di internet, sekecil apapun. Pertanyaan selanjutnya, apakah yang harus dilakukan untuk mengamankan data tersebut?

Read More
banner 300x250

Mungkin kamu tidak masalah dengan membagikan foto-fotomu di Instagram. Akan tetapi, bagaimana dengan detail dari kegiatan dan aktivitas yang kamu lakukan dengan internet?

Melansir CNET, Selasa (4/10/2022) setidaknya ini empat hal yang harus dilakukan untuk mulai menghapus diri dari internet. Bisa kamu lakukan mulai sekarang.

Hapus atau deactive akun

Coba ingat-ingat, akun apa saja yang kamu miliki namun tidak lagi kamu gunakan? Misalnya akun Tumblr, MySpace, Reddit, Twitter dan media sosial lainnya. Atau, ada situs belanja yang pernah kamu gunakan dan memiliki informasi pribadi milikmu?

Langsung cari tahu dan lakukan deactive (non-aktif) akun untuk menghapus data tersebut. Kalau bingung, kamu bisa bertanya ke Google ‘bagaimana cara menonaktifkan akun (situs)’ untuk memastikan langkah apa yang mesti kamu lakukan selanjutnya.

Hapus data dari situs yang mengambilnya

Ada perusahaan yang mengambil informasi milikmu, disebut data broker. Contoh yang terkenal adalah Spokeo atau PeopleFinder. Akan tetapi agak sedikit sulit karena kamu harus melakukan pengajuan untuk menghapus data milikmu. Karenanya, ada layanan jasa yang menawarkan bantuan penghapusan data yang diambil data broker semisal DeleteMe. Ada biaya yang diambil untuk berlangganan.

Minta bantuan Google

Kalau ada informasi pribadi yang tidak kamu inginkan disebarkan oleh orang lain, seperti nomor bank atau foto, kamu bisa mengajukan permohonan untuk menghapus data tersebut, loh detikers. Kunjungi https://support.google.com/legal/troubleshooter/1114905 untuk menuliskan formulir permohonan.

Delete your… email!

Email menyimpan banyak informasi pribadi. Jika benar-benar ingin menghapus diri dari internet, langkah ekstrem menghapus email adalah cara pertama untuk memulainya. Akan tetapi ingat, untuk menghilang dari internet tidak sebentar. Butuh waktu beberapa hari untuk membuat datamu yang ada di internet bisa hilang dari sana.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply